141 warga waykanan operasi katarak gratis

id operasi katarak gratis,dinas kesehatan,dinas kesehatan waykanan, farida aryani, raden adipai surya

141 warga waykanan operasi katarak gratis

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya bersama Kepala Dinas Kesehatan Farida Aryani meninjau pelaksanaan operasi katarak gratis dalam rangka HUT ke-19 Kabupaten Waykanan, di Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam, Sabtu (14/4) (Foto: Antaralampung.com/emir Fajar Saputra)

Alhamdulillah antusiasme masyarakat yang ingin operasi katarak semakin bertambah, semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi, katanya
Waykanan (Antaranews Lampung) - Sebanyak 141 warga mendapat pelayanan operasi katarak gratis dalam rangka HUT ke-19 Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung digelar dinas kesehatan setempat di Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Farida Aryani di Waykanan, Sabtu (14/4) mengatakan, kegiatan operasi katarak ini merupakan salah satu rangkaian dari HUT Waykanan. Selain operasi katarak masih banyak kegiatan yang dilakukan oleh dinas kesehatan, seperti sunatan massal yang telah dilakukan di Kecamatan Rebang Tangkas.

Ia menambahkan, untuk syarat menjadi pasien operasi katarak tidak susah, cukup memiliki KTP asli Waykanan dan disertakan surat tidak mampu dari kelurahan, serta langsung diserahkan ke Puskesmas terdekat untuk didata dan didaftarkan.

Jumlah operasi katarak tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017 lalu, yakni yang sebelumnya hanya 100 saat ini mencapai 141 peserta pasien katarak yang siap dilakukan operasi.

Pelaksanaan operasi ini dilakukan selama 3 hari dari Jumat (13/4) hingga Minggu 15 April 2018.

"Alhamdulillah antusiasme masyarakat yang ingin operasi katarak semakin bertambah, semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi," katanya.

Farida mengharapkan, kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada di Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam, dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pasien yang ingin berobat khususnya yang melaksanakan operasi katarak. Karena salah satu impian Bupati dan Wakil Bupati Waykanan yaitu memiliki tenaga kesehatan yang ramah dan sopan kepada pasien yang membuat pasien dan keluarga lebih nyaman berobat ke Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan kegiatan yang digagas oleh dinas kesehatan ini sangat membantu dan meringankan beban masyarakat, khususnya yang ingin melaksanakan operasi katarak.

"Operasi katarak merupakan kegiatan rutin sejak saya bersama pak wakil memimpin Kabupaten Waykanan," kata dia.

Ia menambahkan, masyarakat wajib membantu Pemerintah Kabupaten Waykanan dengan mendukung program - program yang telah digulirkan, khususnya terkait kesejahteraan masyarakat.

Adipati mengharapkan, kegiatan seperti ini dapat dilakukan dan jumlah peserta bisa lebih banyak dari tahun ini.

"Dengan ini kita dapat melihat senyum dari ibu dan bapak yang dilakukan operasi katarak karena dapat melihat kembali dengan jelas tanpa harus menggunakan kacamata dan alat lainnya," kata dia.