RS Mata Achmad Wardi gelar operasi katarak gratis

id Rs Achmad Wardi, katarak, baduy,Antara Lampung, Lampung Update

RS Mata Achmad Wardi gelar operasi katarak gratis

RS Mata Achmad Wardi gelar baksos operasi katarak gratis. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Banten (ANTARA) - RS Mata Achmad Wardi  menggelar bakti sosial operasi katarak gratis untuk warga pedalaman Suku Badui dan Ujung Kulon.

Bakti Sosial ini berkolaborasi bersama Sahabat Relawan Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Serang, dan PERDAMI, pada Selasa, (23/08/2022).

Kegiatan bakti sosial ini sebelumnya dilakukan deteksi dini pemeriksaan mata oleh tim IDI cabang Serang, Sahabat Relawan Indonesia dan RS AW ke beberapa lokasi yaitu di daerah Poskesdes Nagerang Badui Selatan, Poskesdes Bojong Menteng Badui Utara, Kampung Margaluyu Leuwidamar dan Ujung Kulon.

 Masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan seperti mata buram akan ditindaklanjuti untuk diperiksakan kembali ke RS AW dan akan dilakukan operasi jika terdapat katarak.

Bakti sosial ini mendapat respons yang positif dari kalangan masyarakat.

Gangguan kesehatan mata yang di alami masyarakat BaduBadui dan Ujung Kulon menjadi suatu hal yang perlu ditangani segera. Seperti halnya Aswati dari Kampung Air Jeruk, Ujung Kulon yang di mana sudah lama mengidap katarak dan tidak mempunyai biaya untuk pengobatan, ditambah jauhnya jarak memakan biaya yang tidak sedikit. 

Jumlah yang akan dilakukan operasi katarak sebanyak 30 orang, terdiri dari 17 warga Badui dan 13 orang dari ujung Kulon. 

Dokter Eling Andayani selaku perwakilan IDI Cabang Serang turut mengapresiasi kegiatan ini.

Menurutnya ini adalah aksi nyata dalam memberikan akses kesehatan gratis kepada masyarakat khususnya pengobatan mata.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih atas perhatian yang luar biasa kepada masyarakat khususnya Suku Badui dan Ujung Kulon.

“Terima kasih saya ucapkan kepada RS AW, dokter mata, dan Sahabat Relawan Indonesia yang telah membantu masyarakat di Badui dan Ujung Kulon untuk mengikuti operasi katarak gratis. Ini merupakan aksi nyata bawa pengorbanan tidak akan ada hasil yang sia-sia. Jadikan aksi kebaikan ini sesuatu yang akan bermanfaat untuk kita nanti,” ucap dr. Eling Andayani perwakilan IDI cabang Serang.

RS Mata Achmad Wardi sendiri merupakan rumah sakit mata pertama di dunia yang berbasis wakaf. Rumah sakit khusus mata yang didirikan oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) bekerja sama dengan Dompet Dhuafa (DD) di Kota Serang, Banten. 


Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
 (ADV)