Ekspor Pisang Segar Lampung Meningkat

id ekspor pisang segar lampung

Ekspor Pisang Segar Lampung Meningkat

Buah pisang segar asal Provinsi Lampung menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia selama tiga tahun terakhir (FOTO: ANTARA TV/Agusta Hidayatullah)

...Tercatat 16 negara tujuan ekspor buah pisang asal Lampung dengan volume ekspor mencapai 17,4 juta ton, kata Stefanus...
Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Ekspor buah pisang segar asal Provinsi Lampung mengalami peningkatan signifikan dalam tiga tahun terakhir, sehingga menempati urutan kedua terbesar untuk ekspor buah-buahan sepanjang 2016.

"Tercatat 16 negara tujuan ekspor buah pisang asal Lampung dengan volume ekspor mencapai 17,4 juta ton," kata Stefanus Manukiley, salah satu eksportir pisang segar asal Lampung, di Lampung Timur, Selasa.

Buah pisang menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia selama tiga tahun terakhir. Data dari Kementerian Pertanian 2016, buah pisang segar menjadi komoditas ekspor buah-buahan kedua terbesar di Indonesia. Sebanyak 85 persen pengekspornya berasal dari Lampung.

Ekspor buah pisang segar Indonesia pada 2016 mencapai 17,4 juta ton. Tercatat 16 negara tujuan ekspor buah pisang segar Indonesia, di antaranya Timur Tengah, Malaysia, Iran, China, dan Korea Selatan.

Total ekspor buah pisang segar asal Lampung pada 2016 mencapai 14,9 juta ton. Di Lampung ekspor pisang segar dilakukan oleh dua eksportir besar perusahaan, yaiitu PT Nusantara Tropical Farm (NTF) di Kabupaten Lampung Timur, dan PT Great Giant Pinneapple Co. (GGPC) di Kabupaten Lampung Tengah.

Kebanyakan eksportir pisang di Lampung memberlakukan pembibitan secara ketat. Salah satu upayanya adalah dengan membuat kebun pembibitan sendiri dan tidak mencari bibit dari luar wilayah penanaman.

Eksportir menargetkan ekspor pisang segar asal Lampung pada 2020 akan meningkat dua kali lipat dibanding 2016, kata Stefanus Manukiley pula.

Dia menyebutkan, pihaknya akan mencoba untuk berkontribusi dalam ekspor pisang segar itu, sehingga pada tahun 2019 menargetkan sebanyak 13 juta ton pisang segar akan diekspor dari Lampung.

Berkaitan itu, pada 2017 pemerintah telah menyatakan akan semakin mempercepat administrasi ekspor buah-buahan segar, salah satunya adalah merintis kerja sama bilateral dengan negara tujuan ekspor untuk mendapatkan kemudahan pengecekan persyaratan fitosanitari secara online.

Kondisi itu diharapkan semakin menggairahkan ekspor pisang segar asal Lampung pada 2017  (Ant)