88 Qari-qariah Ikuti Ptq Lpp Rri

id ptq

"Peserta PTQ berasal dari 53 LPP RRI se-Indonesia,
Bandarlampung, 4/8 (ANTARA LAMPUNG) - Sebanyak 88 qari dan qariah mengikuti semifinal Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke-44 tingkat nasional yang digelar Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Bandarlampung.

"Peserta PTQ berasal dari 53 LPP RRI se-Indonesia," kata Wakil Ketua Panitia PTQ ke-44 LPP RRI Bandarlampung, Zahral Mutzaini, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, kegiatan yang berlangsung hingga 6 Agustus 2011 itu juga melombakan cerdas cermat yang diikuti 10 tim dari 10 koordinator wilayah dan satu dari RRI Jakarta.

Ia menjelaskan, peserta semifinal PTQ itu terdiri atas 46 qari dan 42 qariah. Untuk semifinal pertama hari Kamis ini pesertanya tercatat sebanyak 40 qari dan qariah.

"Peserta semifinal selanjutnya akan berlangsung besok (JUmat, red)," katanya.

Selanjutnya, para peserta yang masuk final akan berlaga pada Sabtu (6/8).

Sementara itu, Direktur Program dan Produksi LPP RRI Masduki mengatakan, melalui momentum PTQ dan cerdas cermat, LPP RRI menggelorakan semangat dakwah serta memperkaya siaran RRI sesuai dengan visi membangun karakter bangsa.

Karakter bangsa menurut Masduki, dibangun antara lain dengan nilai-nilai keagamaan yang kuat, khususnya Islam, serta kemampuan yang dimiliki oleh anak didik dalam membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur`an.

Lebih lanjut Masduki mengatakan, secara kebetulan PTQ kali ini dimulai pada saat memasuki bulan suci Ramadhan, sehingga suasana menjadi sangat khikmad, namun tetap dalam nuansa kompetisi yang tinggi.

Pelaksana tugas Kepala RRI Bandar Lampung Ari Buchari dalam kesempatann itu mengatakan, kegiatan PTQ merupakan salah satu agenda LPP RRI dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan, sekaligus untuk menyalurkan minat masyarakat yang memiliki kemampuan seni baca dan menghayati kandungan Al Qur`an.

(Ant)