Jelang Hari Pelanggan Nasional, PLN UID Lampung dan PMI gelar donor darah

id pln uid lampung, donor darah, pmi lampung

Jelang Hari Pelanggan Nasional, PLN UID Lampung dan PMI gelar donor darah

Jelang Hari Pelanggan Nasional, PLN UID Lampung dan PMI gelar donor darah (ANTARA/HO)

Kegiatan ini juga untuk membantu PMI dalam memenuhi ketersediaan darah di wilayah Bandar Lampung
Bandarlampung (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan kegiatan donor darah yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama seluruh pegawai dan tenaga alih daya (TAD).

"Kegiatan ini juga untuk membantu PMI dalam memenuhi ketersediaan darah di wilayah Bandar Lampung," kata Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Darma Saputra, dalam keterangannya di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan donor darah yang diikuti puluhan karyawan itu menjadi kegiatan yang rutin dilakukan PLN UID Lampung setiap 2-3 bulan. Hal itu, menunjukkan bahwa PLN sebagai perusahaan BUMN selalu berkomitmen untuk menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Darma Saputra yang juga menjadi peserta donor darah mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian sesama.

Ia mengaku senang dan bangga karena PLN, tempatnya bekerja melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan secara rutin.

“PLN dan PMI rutin melaksanakan kegiatan donor darah setiap 2 atau 3 bulanan. Yang ditargetkan kepada seluruh pegawai serta TAD. Saya harap kegiatan ini terus dilakukan secara rutin dan menjadi kegiatan wajib di PLN UID Lampung,” ucap Darma.

Hal yang sama diungkapkan Fisba Asfihana selaku pegawai PLN UID Lampung yang juga menjadi pendonor darah, karena menjadi bukti bahwa dirinya dalam keadaan sehat dan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk sesama.

"Berdasarkan database dari pihak PMI, ini donor yang ke-30, saya selalu mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan PLN dan PMI. Kegiatan ini sangat positif karena kita berkesempatan untuk berbagi manfaat kepada sesama, harapannya semoga kegiatan ini bisa konsisten. Karena sesuai dengan slogan PMI ‘Setetes Darah Yang di Berikan Menyelamatkan Kehidupan Seseorang,” ujar Fisba.

Sementara itu, Abdullah Mukhsinin selaku Kepala Bagian Pengolahan Darah PMI Kota Bandar Lampung menyampaikan PMI menyambut baik inisiatif kegiatan yang diadakan oleh PLN ini, karena dukungan dari berbagai instansi sangat dibutuhkan untuk mengumpulkan darah siap donor khususnya di Kota Bandar Lampung.

"Kegiatan donor darah di PLN UID Lampung ini rutin dilakukan. Semoga kolaborasi seperti ini dapat terus terjalin lebih baik lagi sehingga segenap pegawai dan seluruh TAD di PLN juga dapat berkesempatan untuk saling membantu sesama dalam kegiatan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan darah," tuturnya.

Abdullah juga memaparkan beberapa tips yang perlu diperhatikan pendonor sebelum melakukan donor darah, diantaranya:

1. Tubuh harus dalam kondisi sehat dan fit.
2. Istirahat cukup, lebih dari 4 jam.
3. Makan makanan yang bergizi.
4. Bagi pendonor perempuan, tidak dalam kondisi hamil atau menstruasi.
5. Pendonor tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan.
6. Lebih dari 60 hari sejak donor sebelumnya.
7. Usia pendonor mulai 17 tahun hingga 60 tahun.

Baca juga: PLN UID Lampung hadirkan listrik tanpa kedip saat HUT RI di Kota Baru

Baca juga: PLN edukasi siswa SMK Kota Bumi tentang keselamatan ketenagalistrikan

Baca juga: PLN gelar pelatihan wirausaha bagi orangtua komunitas cerebral palsy