Degensetisasi PLN dorong industri pertanian di Lampung makin hijau dan efisien

id pln, pln uid lampung, degensetisasi pln, umkm, industri pertanian lampung

Degensetisasi PLN dorong industri pertanian di Lampung makin hijau dan efisien

Degensetisasi PLN dorong industri pertanian di Lampung makin hijau dan efisien (ANTARA/HO)

Melalui program gensetisasi, PLN terus mendukung lingkungan kita bebas emisi, bersih dan hijau, ujarnya
Bandarlampung (ANTARA) - Degensetisasi merupakan salah satu program PLN yang mengganti dari penggunaan genset berbahan bakar fosil ke penggunaan energi listrik yang ramah lingkungan.

"Program ini diklaim selain mendukung energi bersih juga lebih efisien sehingga membantu menekan biaya operasional," kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung, Sugeng Widodo, dalam keterangannya di Bandarlampung, Jumat.

Ia turun langsung melakukan penyambungan dan penyalaan di salah satu industri penghasil pupuk organik yaitu CV Duta Agro Lestari yang berlokasi di Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah.

Hal itu dilakukan, lanjutnya, sebagai komitmen PLN mendukung pertumbuhan ekonomi melalui sektor industri pertanian di Provinsi Lampung. Selain itu, penyalaan di Industri pupuk organik tersebut merupakan pengimplementasian program degensetisasi PLN.

"Alhamdulillah, hari ini PLN menyalakan listrik dengan daya 41500 Volt Ampere (VA) di CV Duta Agro Lestari. Ini merupakan komitmen kami di PLN untuk mendukung industri pertanian atau usaha pertanian yang ada di Provinsi Lampung", ujar Sugeng Widodo.

Selain itu, Sugeng menuturkan, penyalaan listrik tersebut merupakan salah satu program PLN untuk melakukan degensetisasi secara masif di masyarakat. Menurutnya, dengan mengurangi penggunaan energi fosil, kita membantu lingkungan bebas emisi, tetap bersih dan hijau. 

"Melalui program gensetisasi, PLN terus mendukung lingkungan kita bebas emisi, bersih dan hijau. Sebelumnya menggunakan Genset beremisi dan tidak ramah lingkungan, membutuhkan 35 liter solar per hari untuk pembakarannya, kini digantikan dengan penggunaan energi listrik yang tentunya ramah lingkungan," ujarnya.

Sementara Leman selaku pemilik CV Duta Agro Lestari mengapresiasi penyalaan listrik yang dilakukan PLN.

Ia mengaku sangat bersyukur bahwa listrik PLN sudah menyala sehingga dirinya dapat segera mengoperasikan tempat usahanya tersebut.

"Saya bersyukur PLN telah memasang listrik di tempat usaha kami, biar langgeng, biar berkah. Alhamdulillah langsung nyala, terima kasih buat PLN," katanya.

Hadirnya pabrik pupuk milik Leman tersebut sangat membantu masyarakat di sekitarnya. Dia telah mempekerjakan 30 pekerja yang berasal dari desa tempat usahanya itu beroperasi.

Ia menjelaskan, bahan bakunya dari kotoran ternak diantaranya kotoran sapi, kotoran ayam dan kapur.

"Semula kami menggunakan listrik dari genset berbahan bakar solar untuk memproduksi pupuk organik. Dalam satu tahun kami positif memproduksi 3.000 ton pupuk organik dan laku terjual di pasar lokalan Lampung. Alhamdulillah hari ini listrik langsung dipasang, langsung nyala, langsung besok bisa operasi, sangat senang sekali dengan pelayanan PLN," ujar Leman.

Ia menambahkan, saat pabriknya tersebut beroperasi menggunakan genset, dirinya harus menyiapkan solar 35 liter per hari, itu pun jika solarnya mudah didapat. 

"Selain solar, jika genset sedang dilakukan pemeliharaan, saya harus menyiapkan oli dan sparepart untuk mesin, harus membayar operator genset dan sebagainya hingga biayanya membengkak. Sekarang saya sudah pakai listrik PLN yang tentunya sudah praktis, bersih, ramah lingkungan dan sangat efisien terhadap biaya operasionalnya," tutup Leman.