KPU Bandarlampung gelar sosialisasi pemilihan pada disabilitas

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandar Lampung,Bandar Lampung,Pemilu 2024

KPU Bandarlampung gelar sosialisasi pemilihan pada disabilitas

Sosialisasi pencoblosan yang dilakukan oleh KPU Bandarlampung kepada disabilitas. Bandarlampung, Minggu, (11/2/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung menggelar sosialisasi penggunaan hak pilih kepada penyandang disabilitas untuk memudahkan dalam menyalurkan suara pada Pemilu 2024.

"Sosialisasi ini bertujuan agar semua Warga Negara Indonesia (WNI) dapat menyalurkan hak pilihnya pada pemilu, termasuk disabilitas," kata Komisioner KPU Bandarlampung Hamami, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini juga dimaksudkan agar warga disabilitas mengetahui para calon presiden dan wakil presiden maupun para anggota legislatif yang dipilih pada 14 Februari mendatang.

"Dalam sosialisasi ini kami berikan contoh surat suara dengan braile untuk Presiden dan Wakil Presiden serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, untuk calon legislatif seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota," kata dia.

Dia pun mengungkapkan bahwa KPU telah menyiapkan fasilitas bagi pemilih disabilitas di setiap TPS di Kota Bandarlampung sesuai kebutuhan mereka.

"Kami juga sudah meminta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) memfasilitasi dan mengutamakan warga disabilitas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Warga yang berkebutuhan khusus harus diutamakan untuk memilih," kata dia.

Ketua Pusat Pemilihan Umum Akses Penyandang Disabilitas (PPUAPD) Lampung Supron mengatakan bahwa sosialisasi pilihan kepada teman-teman disabilitas sangat penting terlebih teknis pencoblosan.

"Tadi kami telah berikan tata cara atau teknis bagaimana mencoblos di TPS serta fasilitas apa saja yang disediakan KPU, khususnya bagi teman tunanetra," kata dia.

Menurut Supron, saat ini baru dua surat suara yang hanya bisa diakses secara langsung oleh teman-teman disabilitas yakni DPD RI dan Presiden dan Wakil Presiden.

"Tentu kami berharap ke depan surat suara bagi disabilitas tidak hanya Presiden dan DPD, tetapi juga caleg DPR RI, DPRD Kabupaten dan Kota bisa dipilih secara langsung tanpa pendamping," kata dia.

Baca juga: KPU Lampung sebut petugas adhoc di kecamatan jaga keamanan logistik pemilu

Baca juga: Logistik pemilu di Bandarlampung mulai distribusikan

Baca juga: KPU Bandarlampung gunakan jasa pihak ketiga distribusi logistik