Proklim dongkrak peran masyarakat peduli lingkungan

id Kampung iklim,Pengelolaan lingkungan, kelestarian lingkungan, DLH lampung

Proklim dongkrak peran masyarakat peduli lingkungan

Arsip- Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung Emilia Kusumawati saat memberikan keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung mengatakan bahwa adanya Program Kampung Iklim (Proklim) mampu mendongkrak peranan masyarakat untuk lebih peduli kepada pelestarian lingkungan.

"Adanya perubahan iklim ini banyak faktor penyebabnya seperti dari sektor transportasi, industri, limbah," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung Emilia Kusumawati, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca penyebab perubahan iklim, telah dibuat Program Kampung Iklim (Proklim) yang bertujuan untuk memperluas aksi dengan melibatkan masyarakat.

"Melalui Program Kampung Iklim (Proklim) ini yang dikerjakan bersama-sama dengan berbagai pihak, berupaya mendongkrak peran masyarakat secara langsung untuk memiliki kepedulian terhadap lingkungan," katanya.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan program kampung iklim tersebut masyarakat diedukasi dalam melakukan berbagai hal yang mendukung kelestarian lingkungan, salah satunya dengan melakukan pengolahan sampah dan limbah secara benar.

"Salah satu poin utamanya dalam melaksanakan Proklim ini adalah cara pengelolaan sampah dan limbah dengan bijak, selain ada juga program penghijauan, lalu ada aksi adaptasi dan mitigasinya," ucapnya.

Menurut dia secara nasional pemerintah juga telah mentargetkan pada 2024 ada sebanyak 20.000 kampung iklim terbentuk untuk mengurangi berbagai dampak kerusakan lingkungan, dan mentargetkan daerah dapat menciptakan setidaknya 25 persen kampung iklim dari jumlah desa secara keseluruhan.

"Di Lampung saat ini total ada 2.654 desa dan diharapkan 25 persennya atau 664 desa bisa menjadi kampung iklim. Saat ini sudah ada 60 desa dari sebelumnya di 2022 hanya 26 desa yang menjadi kampung iklim, dan beberapa waktu lalu sudah bekerja sama juga dengan perguruan tinggi agar saat pelaksanaan KKN tematik bisa membuat Proklim ini di desa penempatan," kata dia.

Dia mengharapkan dengan pelaksanaan program kampung iklim tersebut dapat meningkatkan peran serta masyarakat untuk lebih memahami dan peduli tentang keberlanjutan lingkungan di sekitarnya.

"Harapannya bisa mengurangi emisi gas rumah kaca, lingkungan jadi lebih bersih karena pengelolaan limbah dan sampah dilakukan dengan konsep keberlanjutan," tambahnya.