Rutan Bandarlampung gelar kegiatan pentas seni narapidana

id Pentas seni narapidana, napi rutan bandarlampung, taruna rutan bandarlampung

Rutan Bandarlampung gelar kegiatan pentas seni narapidana

Pertunjukan taruna dan taruni pada pentas seni narapidana di Rutan Bandarlampung. (Antaralampung/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bandarlampung, menggelar kegiatan pentas seni warga binaan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtib) di Rutan setempat.

Karutan Bandarlampung, Iwan Setiawan mengatakan, kegiatan pentas seni tersebut bertujuan agar membuka pemikiran warga binaan setelah sehingga dapat menyalurkan hal-hal yang positif di dalam Rutan.

"Dengan adanya hal yang positif yang disalurkan warga binaan kami secara tidak langsung juga dapat menjaga Kamtib di dalam Rutan. Dengan pentas seni ini mereka bisa berbagi pemikiran satu sama lain sehingga dapat menjaga kekompakan," katanya di Bandarlampung, Sabtu.

Dia melanjutkan, tidak hanya melalui pentas seni, pihaknya juga melalui berbagai kegiatan pembinaan untuk dapat merubah pola pemikiran warga binaan sehingga menjadikan warga binaan berguna di kalangan masyarakat saat keluar dari Rutan.

"Untuk pentas seni kami akan lakukan setahun sekali. Tapi kami juga ada pembinaan lainnya agar tidak membuat jenuh warga binaan kami. Kalau mereka jenuh, dikhawatirkan melakukan perbuatan-perbuatan yang negatif," kata dia.

Ia menambahkan, kegiatan pentas seni tersebut dilaksanakan juga sekaligus untuk mengakhiri masa PKL taruna dan taruni Poltekip angkatan 55 di Rutamln setempat.

Ia berharap kepada taruna dan taruni yang telah PKL dapat mengambil pelajaran selama berada di Rutan sehingga ketika penempatan para taruna dan taruni tersebut sudah memiliki bekal dan pengalaman.

"Saya doakan mereka keluar dari Rutan bisa mendapat kan tempat yang baik dari bekal-bekal yang mereka dapat," katanya.