BI Lampung prakirakan inflasi di Lampung 2024 lebih stabil

id BI Lampung, inflasi lampung 2024, Pemprov Lampung, ekonomi lampung

BI Lampung prakirakan inflasi di Lampung 2024 lebih stabil

Rakornas Pengendalian Inflasi 2024 di Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Kpw Bank Indonesia Lampung. ANTARA/HO-BI Lampung.

Prakiraannya inflasi Lampung di 2024 ini lebih rendah dan stabil dibandingkan 2023
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung memprakirakan inflasi Provinsi Lampung di 2024 stabil dan lebih rendah dibandingkan 2023.
 
"Inflasi Provinsi Lampung sampai dengan Mei 2024 tercatat mencapai 3,09 persen dari tahun ke tahun, ini berangsur menurun dari realisasi di 2023 lalu yang persentasenya sebesar 3,47 persen tahun per tahun," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Junanto Herdiawan berdasarkan keterangannya di Bandarlampung, Jumat.
 
Ia mengatakan bahwa kondisi itu pun akan terus terjaga pada kisaran 2,5 plus minus satu persen hingga akhir 2024 ini.
 
"Prakiraannya inflasi Lampung di 2024 ini lebih rendah dan stabil dibandingkan 2023 setelah melihat perkembangan kondisi inflasi tahun ini," katanya.
 
Dia menjelaskan terbentuknya sinergi serta inovasi dalam pelaksanaan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan (GNPIP) di 2024 yang semakin baik, akan mendukung capaian inflasi tahun ini jauh lebih rendah serta stabil dibanding tahun sebelumnya.
 
"Penguatan sinergi dan inovasi tahun ini terbukti berhasil menjaga stabilitas harga, dan inflasi year to date (ytd) Lampung masih terjaga pada kisaran 0,64 persen (ytd) pada Mei 2024. Dan capaian ini merupakan yang terendah dalam tiga tahun terakhir,” lanjutnya.
 
Menurut dia, melalui Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024 sebagai forum strategis serta wadah bagi para pemimpin dan pemangku kepentingan untuk merumuskan langkah-langkah dalam menjaga stabilitas inflasi.

Sinergi dan inovasi pengendalian inflasi terus diperkuat untuk mendukung tercapainya sasaran inflasi nasional, melanjutkan upaya penanganan isu struktural dalam membangun ketahanan pangan nasional, dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.
 
Inspektur Provinsi Lampung Fredy turut memastikan saat ini Pemerintah Provinsi Lampung tengah melaksanakan inovasi pengendalian inflasi di sisi hulu dan hilir.
 
Ia melanjutkan saat ini pun Pemerintah Provinsi Lampung sedang melaksanakan beberapa inovasi dalam menjaga inflasi daerah, seperti dengan melakukan pertanian digital, optimalisasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan sebagai distributor hub, dan melakukan digitalisasi data serta informasi.

"Harapannya dengan upaya ini inflasi di Provinsi Lampung bisa terus terjaga," ucap dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI Lampung prakirakan inflasi Lampung 2024 lebih stabil