Polisi cek bus jamaah calon haji Pesisir Barat demi keselamatan

id Polres Pesisir Barat ,Cek kendaraan bus ,Jamaah calon haji

Polisi cek bus jamaah calon haji Pesisir Barat demi keselamatan

Personel kepolisian polres Pesisir Barat bers pemkab setempat melakukan pengecekan terhadap bus yang akan digunakan untuk jamaah calon haji. (ANTARA/HO/Humas Polres Pesisir Barat)

Pesisir Barat (ANTARA) - Polres Pesisir Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat, Provinsi Lampung, melaksanakan pengecekan kelayakan bus yang akan digunakan untuk pemberangkatan jamaah calon haji asal wilayah tersebut.

"Kami dari Polres Pesisir Barat, Pemkab Pesisir Barat, dan Dinas Kesehatan, berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik demi kelancaran dan keselamatan jamaah calon haji. Pengecekan itu dilakukan pada Kamis (6/6)," kata Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra saat dihubungi dari Lampung Selatan, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan pengecekan itu merupakan langkah preventif untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan jamaah calon haji selama dalam perjalanan, serta mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan.

"Kami lakukan kegiatan ramp check atau pengecekan kendaraan yang digunakan untuk mengantar jamaah. Pengecekan itu yakni pengecekan administrasi kendaraan, kesehatan kendaraan, tekanan ban dan rem bus," kata dia.

Ia juga menjelaskan tujuan dari kegiatan pengecekan kendaraan tersebut agar kendaraan dalam keadaan prima saat digunakan untuk mengantar ke asrama haji.

Selain itu Polres Pesisir Barat bersama Dinas Kesehatan juga melakukan pengecekan kesehatan terhadap supir bus.

"Selain pengecekan kendaraan, Dinas Kesehatan Pesisir Barat juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para supir bus. Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memastikan para supir dalam keadaan sehat dan siap untuk melakukan perjalanan jauh," katanya.

Tidak hanya itu, Satuan Narkoba Polres Pesisir Barat turut melakukan pemeriksaan urine kepada para supir bus. Hasil pemeriksaan urine menunjukkan bahwa semua supir bus negatif dari narkoba.

"Dengan hasil pemeriksaan yang positif ini diharapkan pemberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Pesisir Barat dapat berjalan lancar dan tanpa kendala," ujar dia.