PT BTB Toll siap layani pemudik pada Natal dan Tahun Baru

id Lampung,Bandarlampung,Toll,Natal dan Tahun Baru

PT BTB Toll siap layani pemudik pada Natal dan Tahun Baru

Kesiapan yanh dilakukan oleh PT Bakuaheni Terbanggi Besar (BTB) Toll. Provinsi Lampung, (15/12/2023). (ANTARA/HO)

Kami juga menyiagakan petugas pertolongan dan juga petugas ambulance bila terjadi sesuatu yang genting di ruas tol, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - PT Bakauheni Terbanggi Besar (BTB) Toll siap melayani pemudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang melintasi ruas jalan tol Bakauheni Terbanggi Besar (Bakter).

"Kami siap melayani masyarakat yang akan berlibur saat Natal dan Tahun Baru," kata 
Direktur Utama PT BTB Toll I Wayan Mandia, di Bandarlampung Jumat.

Dia mengatakan,  PT BTB Toll menyiapkan berbagai strategi untuk penanganan antrean kendaraan, di antaranya menyiagakan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di Gerbang Tol Bakauheni Selatan,  Kotabaru dan Terbanggi Besar.

"PT BTB Toll juga menyiapkan Rest Area 20 B sebagai buffer zone sebagai upaya delay system saat terjadi antrean kendaraan yang akan menuju ke Pelabuhan Bakauheni," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, pengelola juga telah meningkatkan pelayanan di tempat istirahat (rest area), seperti kebersihan tempat makan dan juga mandi cuci kakus (MCK), ketersediaan air bersih, serta keamanannya.

"Selain itu kami juga bekerja sama dengan Pertamina Retail untuk penambahan SPBU modular di Rest Area 20 B dan 49 B selama periode Natal dan Tahun Baru," kata dia.

Wayan mengatakan, untuk menunjang kelancaran para pengguna tol, PT BTB Toll juga menyiagakan 200 personil Layanan Jalan Tol (LJT), mulai dari petugas patroli, petugas towing, dan derek.

"Kami juga menyiagakan petugas pertolongan dan juga petugas ambulance bila terjadi sesuatu yang genting di ruas tol," kata dia.

Project Manager Ruas Tol Bakter Riadiano Muhammad menegaskan, progress pemeliharaan dan perbaikan minor jalan tol ruas Bakter sudah berjalan dan akan selesail 20 Desember 2023.

"Kami pastikan untuk perbaikan jalan di beberapa titik saat ini akan rampung seluruhnya atau zero poth hole tanggal 20 Desember 2023 atau sebelum momen libur Nataru, perbaikan tersebut meliputi perbaikan main road serta bahu jalan,” kata dia.

Riadiano juga mengatakan, guna mengantisipasi keamanan di sepanjang jalan Tol Bakter terdapat 289 unit CCTV yang dipantau selama 24 jam. 

"Selain itu, PT BTB Toll juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak, yaitu Kepolisian, TNI, Dinas aperhubungan, pemprov atau pemda dan juga pihak terkait lainnya agar penyelenggaraan libur Nataru berjalan dengan lancar," kata dia.