Hutama Karya jalin transaksi Tol Trans Sumatera dengan INA

id hutama karya,transaksi tol trans sumatera,INA,tonggak penting

Hutama Karya jalin transaksi Tol Trans Sumatera dengan INA

Tol Sumatera ruas Bakauheni -Terbanggi Besar (ANTARA/Hisar Sitanggang)

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero), sebagai BUMN Karya, mengungkapkan penyelesaian transaksi investasi atas dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera, yaitu Medan – Binjai (MB) dan Bakauheni – Terbanggi Besar (BTB) antara Indonesia Investment Authority dan Hutama Karya menjadi tonggak penting.

"Transaksi investasi antara INA dan Hutama Karya ini merupakan tonggak penting dalam pengembangan proyek Jalan Tol Trans Sumatera secara keseluruhan. Transaksi ini diperlukan untuk membantu mempercepat pembangunan dan penyelesaian ruas-ruas jalan tol lainnya di Sumatera," ujar EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

"Investasi ini menunjukkan komitmen kami untuk berkontribusi pada pembangunan infrastruktur Indonesia dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," katanya.

Indonesia Investment Authority (“INA”) melalui anak perusahaannya, PT Swarna Investasi Indonesia ("Swarna") dan PT Abhinaya Investasi Indonesia ("Abhinaya") mengumumkan penyelesaian transaksi investasi atas dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera, yaitu Medan – Binjai dan Bakauheni – Terbanggi Besar (BTB), bekerja sama dengan Hutama Karya.

Ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar yang merupakan salah satu ruas jalan tol terpanjang di Indonesia, dan Medan - Binjai merupakan infrastruktur utama yang akan mempercepat perkembangan sosial-ekonomi di Sumatera dan sekitarnya melalui rencana pengembangan jaringan logistik. Dengan ruas tol Medan – Binjai sepanjang 17 kilometer dan ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 141 kilometer, penyelesaian transaksi investasi antara INA dan Hutama Karya ini juga akan berkontribusi dalam meningkatkan layanan yang sudah ada serta membuka jalan bagi pengembangan ruas-ruas tol lainnya.

Kedua ruas jalan tol ini memiliki posisi yang strategis di wilayah Sumatera, yang tidak hanya dapat memperkuat konektivitas, tetapi juga membantu dalam peningkatan efisiensi di bidang logistik. Bakauheni – Terbanggi Besar yang terletak di Lampung, memiliki peran penting sebagai pintu gerbang yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera. Sementara itu, Medan – Binjai membentang melintasi kota terbesar di Sumatera, Medan, secara strategis menghubungkan berbagai daerah di wilayah tersebut. Investasi INA pada aset-aset yang berlokasi strategis ini diharapkan akan semakin mendorong kesejahteraan Indonesia di masa depan.