Anggaran untuk mesin tempel nelayan lokal Mukomuko Rp335 juta

id Dinas Perikanan Mukomuko ,Pengadaan mesin tempel ,Pergeseran ,KUB Nelayan

Anggaran untuk mesin tempel nelayan lokal Mukomuko Rp335 juta

Sejumlah perahu bantuan untuk kelompok usaha bersama nelayan Kabupaten Mukomuko, Minggu (6/10/2022) ANTARA/Ferri.

Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengalokasikan Rp335 juta untuk memberdayakan kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah tersebut.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Rabu, mengatakan anggaran itu merupakan hasil dari perubahan daftar anggaran untuk membiayai pengadaan mesin tempel KUB nelayan di daerah itu.
 
"Pergeseran dan perubahan daftar anggaran di APBD perubahan tahun ini," kata dia.

Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko tahun 2023 mendapatkan dana alokasi khusus sebesar Rp335 juta untuk membeli sebanyak enam unit mesin tempel untuk KUB nelayan.
 
Ia mengatakan, rencananya pengadaan sarana perikanan tangkap tersebut di triwulan tiga tahun ini. Akan tetapi, belum terealisasi karena kendala harus ada perubahan dari belanja pengadaan barang dan jasa menjadi belanja hibah.
 
Ia menyebutkan, enam kelompok nelayan yang menerima masing-masing satu unit mesin tempel ini, yakni tiga kelompok nelayan di Kecamatan Ipuh dan dua kelompok nelayan di Kecamatan Kota Mukomuko.   
 
Sedangkan ukuran mesin sebanyak enam unit tempel yang akan dibeli tahun ini, katanya, sebanyak dua unit mesin tempel ukuran 40 PK dan empat unit ukuran 25 PK.   
 
Kemudian instansinya menggunakan sistem pengadaan barang melalui e-katalog untuk membeli sebanyak enam unit mesin tempel ukuran 25 dan 40 PK untuk KUB nelayan setempat.   
 
Ia menyatakan, pihaknya menggunakan sistem pengadaan sebanyak enam unit mesin tempel melalui e-katalog karena mesin tempel berkapasitas 25 hingga 40 PK tersebut tersedia di pabriknya.
 
Dinas Perikanan setempat selain membeli enam unit mesin tempel serat 12 baju pelampung dan satu GPS untuk menentukan lokasi ikan untuk KUB nelayan yang menerima bantuan mesin tempel.