Survei sebut kepuasan terhadap Jokowi tembus 80,6 persen

id Kepuasan publik,Pemerintahan Jokowi

Survei sebut kepuasan terhadap Jokowi tembus 80,6 persen

Presiden Joko Widodo "nyemplung" untuk menanam pohon mangrove, didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (kanan) dalam acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional di Taman WIsata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta, Senin (15/5/2023). ANTARA/Desca Lidya Natalia/aa.

Jakarta (ANTARA) - Temuan survei Polmatrix Indonesia menunjukkan kepuasan publik menembus batas psikologis dengan capaian sebesar 80,6 persen terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Di antara yang menyatakan puas, sebanyak 8,3 persen merasa sangat puas dipimpin oleh Jokowi. Hanya 17,5 persen yang menyatakan tidak puas, di antaranya 1,1 persen merasa sangat tidak puas, dan sisanya menyatakan tidak tahu/tidak jawab sebanyak 1,9 persen.

“Tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi mencapai batas psikologis dengan menembus hingga 80,6 persen,” ucap Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Dendik, tren naiknya tingkat kepuasan publik memberikan optimisme yang sangat kuat bagi Jokowi yang akan mengakhiri pemerintahan pada periode kedua ini.

“Selain meletakkan fondasi berupa masifnya pembangunan infrastruktur untuk melancarkan mobilitas dan arus logistik maupun pendukung sektor lain seperti pertanian, tingginya tingkat kepuasan menjadi salah satu legacy yang sulit ditandingi pemimpin lainnya,” kata Dendik.

Capaian itu juga terjadi di tengah pandemi COVID-19 dan ketegangan geopolitik yang menimbulkan disrupsi secara global.