KA Kuala Stabas rute Tanjungkarang - Baturaja dioperasikan

id kereta api, kereta kuala stabas, franoto wibowo

KA Kuala Stabas rute Tanjungkarang - Baturaja dioperasikan

Suasana salah satu gerbong kereta api ekonomi premium yang akan dioperasikan oleh PT KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang.

 Bandarlampung (Antaranews Lampung) – PT KAI Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang, akan  mengoperasikan Kereta Api Kuala Stabas Premium rute Tanjungkarang (Lampung) – Batu Raja (Sumsel) PP.
     
“Kita akan mulai operasikan untuk kereta jurusan Tanjungkarang – Baturaja, semoga ini bisa menambah daya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api,” kata  Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Franoto Wibowo di Bandarlampung, Senin.
    
Menurutnya, pengoperasian KA Kuala Stabas Premium ini digunakan untuk membantu dan menambah daya angkut arus mudik dan Lebaran 1439 H tahun 2018.
    
Selain itu, pengoperasian kereta ini merupakan pertama setelah diluncurkan pada bulan Maret 2018 lalu.
     
“Ini untuk mengangkut penumpang yang ingin melakukan mudik jarak menengah yaitu Tanjungkarang – Baturaja,” katanya.
    
  Pengoperasian KA Kuala Stabas Premium ini untuk keberangkatan mulai dari pukul 13.00 wib dari Tanjungkarang – Baturaja, sedangkan dari Baturaja – Tanjungkarang berangkat pukul 06.30 wib.
     
Mengenai jarak tempuh, dari Stasiun Tanjungkrang – Baturaja memerlukan waktu 5 jam perjalanan.
     
“Jarak tempuh lima jam sama dengan kereta Sriwijaya Limex dan Rajabasa untuk Tanjungkarang – Baturaja,” jelasnya.
     
Franoto menjelaskan  sampai saat ini pihak PT KAI Divre IV Tanjungkarang masih melakukan rapat mengenai harga jual tiket untuk KA Kuala Stabas Premium, yang harganya akan menyesuaikan dengan jarak tempuh tujuan.
     
“Insya Allah tidak terlalu mahal karena harga ini dibawah bisnis di atas ekonomi,” kata dia.
   
  Franoto mengharapkan, kedepannya pengoperasian kereta api ini dapat lebih sempurna, apalagi untuk dobel trak dari Martapura – Baturaja sudah dapat dilewati ini yang mempercepat laju kereta.
    
Sampai dengan berita ini diturunkan, rapat tentang pembahasan mengenai tarif dasar KA Kuala Stabas Premium ini belum selesai karena masih banyak pertimbangan - pertimbangan lainnya.