Kopi arabika akan dijadikan komoditas unggulan Lampung Barat

id kopi lampung barat,kopi arabika,budi daya kopi

Kopi arabika akan dijadikan komoditas unggulan Lampung Barat

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman memetik buah kopi arabika di kebun petani di Kabupaten Lampung Barat, Selasa (30/1/2024). (ANTARA/HO/Kominfo Lampung Barat)

Alhamdulillah pada tahun lalu hasilnya sudah mencapai 3,4 ton dengan luas tanah seperempat hektare. Di tahun ini saya targetkan sampai dengan empat ton, katanya
Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mendukung pengembangan kopi arabika di wilayahnya agar bisa menjadi salah satu komoditas unggulan daerah.

Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman menyampaikan bahwa selama ini budi daya kopi arabika kurang diminati petani di wilayahnya.

"Selama ini dikatakan sebagai kopi padang yang buahnya jarang-jarang, dan Lampung Barat pernah mengalami kegagalan dalam pengembangan kopi jenis ini di tahun 80-an akibat adanya serangan antraknose dan nematoda," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah daerah di Lampung Barat, Rabu.

Ia berharap keberhasilan seorang petani di Kecamatan Sekincau membudidayakan kopi arabika dapat mendorong para petani lain di Lampung Barat untuk membudidayakan jenis kopi tersebut.

Penjabat Bupati Lampung Barat bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meninjau kebun kopi arabika milik Ahmad Supriyono di Kelurahan Sekincau pada Selasa (30/1).

Ahmad Supriyono, yang dinilai sukses membudidayakan kopi arabika, menyampaikan bahwa dia menerapkan metode tanam pagar dalam penanaman kopi di kebunnya.

"Alhamdulillah pada tahun lalu hasilnya sudah mencapai 3,4 ton dengan luas tanah seperempat hektare. Di tahun ini saya targetkan sampai dengan empat ton," katanya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan kebanggaannya melihat keberhasilan petani kopi di Lampung Barat tersebut.

"Senang sekali saya kalau melihat kebun kopi kayak gini," kata Gubernur.

"Nanti kalau sudah waktunya panen akan saya coba undang Pak Menteri Pertanian. Kita akan tunjukkan potensi kopi arabika di Lampung Barat ini, sekaligus kita ajak dia untuk ikut panen memetik kopinya," katanya.