Dua jurnalis LKBN ANTARA Biro Lampung raih penghargaan AJP 2023

id ajp 2023, pertamina patra niaga, sumbagsel,wartawan antara juara

Dua jurnalis LKBN ANTARA Biro Lampung raih penghargaan AJP 2023

Dua jurnalis LKBN ANTARA Biro Lampung raih penghargaan AJP 2023. ANTARA/HO

Selamat untuk para jurnalis yang mendapatkan penghargaan AJP 2023 yang di dalamnya terdapat pemenang asal teritori Sumbagsel.
Palembang (ANTARA) - Dua jurnalis Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Lampung meraih juara pada Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2023 untuk kategori media online.

Dua pewarta ANTARA Biro Lampung yang meraih penghargaan tersebut adalah pewarta Agus Wira Sukarta meraih peringkat ketiga dengan judul artikel "Pertamina dukung pasokan energi WSL Krui Pro 2023", dan Muklasin meraih penghargaan jurnalis potensial media online dengan judul "Lampu energi surya Pertamina terangi Pelabuhan Muara Gading Mas, nelayan pun senang".

"Selamat untuk para jurnalis yang mendapatkan penghargaan AJP 2023 yang di dalamnya terdapat pemenang asal teritori Sumbagsel," kata Area Manager Comm, Rel& CSR RU III Siti Rachmi Indahsari, di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu.

Ia mengatakan pada AJP 2023 pewarta asal teritori Sumbagsel ada yang meraih peringkat pertama tingkat nasional.

Rachmi berharap pada AJP selanjutnya ada banyak pewarta di teritori Sumbagsel yang meraih penghargaan di tingkat nasional.

Dia juga mengapresiasi antusias dari para jurnalis yang mengikuti AJP dari tahun ke tahun terus meningkat.

Pengumuman AJP 2023 telah berlangsung pada Jumat (15/12/2023) yang disiarkan melalui kanal Youtube Pertamina.

Jumlah karya jurnalistik peserta lomba pada 2020 sebanyak 2.300, pada 2021 sebanyak 2.364, 2022 sebanyak 2.423, dan pada 2023 sebanyak 2.559.

Kategori lomba dibagi menjadi enam, yaitu media cetak, online, radio, televisi, essay foto dan publikasi CSR/UMKM Pertamina. Peserta di seluruh Indonesia dibagi menjadi 10 teritori atau zona dan akan kembali dinilai untuk tingkat nasional.

Pewarta LKBN ANTARA Biro Lampung Muklasin mengatakan ajang AJP 2023 ini untuk mengasah kemampuan dalam peliputan dan menuangkannya ke tulisan, sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca maupun semua pihak.

"Saya baru pertama kali mengikuti lomba AJP ini, dan syukur alhamdulillah dapat penghargaan jurnalis potensial," ujarnya pula.

Muklasin mengaku akan mengikuti kembali lomba AJP pada tahun 2024 ini, dan berharap juara meski di teritori Sumbagsel.

Pada acara pemberian penghargaan AJP 2023 juga digelar Gathering Media dengan tema "Beyond the Barrel; Envisioning Energy Sustainability in Southem Sumatera".
Baca juga: Wartawan ANTARA juara penulisan Perikanan Lampung
Baca juga: Wartawan Antara Lampung juara tiga lomba "Story and photo behind the product"