13 tim balap sepeda dari delapan negara ikuti Tour de Siak

id Tour de Siak, tim mancanegara, ajang balap sepeda

13 tim balap sepeda dari delapan negara ikuti Tour de Siak

Race Director Tour de Siak Sondi Purnomo ketika menggelar Konfrensi Pers pada ajang balap sepeda yang berlangsung 1-4 Desember di Kabupaten Siak, Riau. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, Riau, (ANTARA) - Sebanyak 13 tim dari delapan negara terdiri dari atlet profesional mengikuti ajang balap sepeda Tour de Siak (TDSi) ke-9 tahun 2023 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau dengan menjalani perlombaan tiga etape, 1-4 Desember.

Race Director TDSi, Sondi Purnomo dalam sesi konferensi pers Jumat mengatakan persaingan ketat akan tersaji dalam tiga etape tersebut. Mereka bakal memperebutkan hadiah total Rp400 juta untuk kategori juara etape, umum dan khusus pembalap Indonesia.

"Ada bermacam tim yang semuanya profesional dan memang cari yang di balap sepeda. Tapi bukan seperti SEA Games yang mewakili negara, tapi tim," katanya.

Makanya lanjut dia ada pembalap Indonesia juga bermain untuk Brunei Darussalam. Ada juga pembalap Australia, Malaysia, Iran, dan Perancis yang bermain untuk tim Indonesia.

Tim asal Indonesia yang akan bertarung pada TDSi ada sebanyak enam. Pertama Tim Roojai Online Insurance M yang diperkuat pembalap Perancis, Indonesia, dan Malaysia. Kedua Tim Bumi Siak Pusako Siak Riau Mix yang terdiri dari pembalap Indonesia dua orang dan Australia tiga.



Kemudian dari tim Ponti Wijaya Racing (Indonesia) diperkuat lima pembalap Indonesia dan satu dari Thailand. Keempat Mula Cycling Team semuanya dari Indonesia yang salah satunya pembalap nasional Bernard Benyamin Van Aert.

Selanjutnya dua tim asal Indonesia lainnya yakni Nusantara Cycling Team yang diperkuat empat pembalap nasional dan satu pembalap Malaysia. Lalu Kelapa Gading Bikers dari Jakarta-Indonesia yang diperkuat dua pembalap handal Terry Yudha Kusuma dan Yosandy Darmawan Oetomo.

Sementara itu, dari tim luar negeri ada Go For Gold dari Filipina, Singapore Nasional Tim dari Singapura, Dong Nai dari Vietnam, Grant Thornton dari Thailand, Malaysia Pro Cycling dari Malaysia, KSPO Profesional dari Korea Selatan, dan Anak Brunei Cycling Team dari Brunei Darussalam yang ada diperkuat pembalap Indonesia.

Balapan Tour de Siak Etape I akan dimulai Sabtu (2/11) dengan rute Siak-Mempura-Dayun-Koto Gasib-Siak dengan jarak tempuh 127 Kilometer. Selanjutnya dua etape lagi digelar pada hari berikutnya.

Baca juga: Asian Games - Target meleset di angkat besi, sukses di balap sepeda BMX

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 13 tim dari delapan negara ikuti Balap Sepeda Tour de Siak