Ketua Komisi IV DPR RI salurkan bantuan alsintan ke petani di Metro

id Bantuanalsintan

Ketua Komisi IV DPR RI salurkan bantuan alsintan ke petani di Metro

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin secara simbolis menyalurkan bantuan alsintan ke poktan yang ada di Metro Timur. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Ini merupakan usulan dari bawah. Kalau tidak ada yang jemput bola ke pusat maka alat mesin pertanian tidak akan sampai ke kampung atau ke daerah, jelasnya
Metro (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPR  RI, Sudin menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa empat unit traktor tangan (hand tractor) dan 10 unit hand sprayer ke beberapa kelompok tani (Poktan) yang ada di Kota Metro, Lampung.

Sudin mengatakan, bantuan ini merupakan usulan yang diminta langsung oleh para petani di Bumi Sai Wawai. Bantuan ini bersumber dari Kementerian Pertanian (Kementan). 

"Kami turun ke masyarakat untuk mendengarkan langsung apa yang dibutuhkan oleh petani. Melalui kelompok tani, membuat pengajuan proposal lalu kami ajukan ke Kementerian Pertanian," kata dia, Selasa. 

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, sebelum proposal bantuan alsintan ini disetujui, sebelumnya akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu ke lapangan. 

"Ini merupakan usulan dari bawah. Kalau tidak ada yang jemput bola ke pusat maka alat mesin pertanian tidak akan sampai ke kampung atau ke daerah," jelasnya. 

Meskipun bantuan yang diberikan saat ini sedikit, Sudin berjanji akan memberikan bantuan lainnya untuk petani yang ada di Kota Metro. 

"Hari ini kita berikan empat unit traktor tangan dan 10 unit hand sprayer. Sebelumnya di Metro juga saya telah memberikan bantuan lima unit traktor tangan di wilayah Metro Utara. Saya janji, jika nanti ada sisa akan saya berikan lagi untuk petani di Metro," paparnya.  

Ia menambahkan, pihaknya akan mengusulkan bantuan perbaikan saluran irigasi ke Kementan untuk lima kecamatan yang ada di Metro.

"Nah, untuk perbaikan saluran irigasi itu nanti ada yang dibiayai oleh kementerian. Nanti, mekanismenya akan dikerjakan langsung oleh kelompok tani dan nanti akan kami usulkan di lima kecamatan akan menerima itu semua," pungkasnya.