Karutan tekankan dua hal pada kegiatan peringati Maulid Nabi

id Rutan bandarlampung, karutan bandarlampung, maulid nabi

Karutan tekankan dua hal pada kegiatan peringati Maulid Nabi

Kegiatan maulid nabi di Rutan Kelas I Bandarlampung. (ANTARA/DAMIRI)

Bandarlampung (ANTARA) - Ribuan warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandarlampung antusias mengikuti perayaan Maulid Nabi Muhammad 1444 H Tahun 2022.

"Mereka sangat antusias sekali memperingati Maulid Nabi ini. Ada kurang lebih 1.000 warga binaan yang ikuti mendengar tausiah di masjid lingkungan Rutan," kata Karutan Kelas I Bandarlampung, Iwan Setiawan di Bandarlampung, Jumat.

Dia melanjutkan kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Miftahul Jannah yang ada di lingkungan Rutan. Pada kegiatan tersebut, dirinya menekan kan kepada warga binaan agar terus menjaga akhlak dan saling silaturahmi baik bersama sesama warga binaan maupun keluarga yang berada di luar.

"Meskipun mereka berada di dalam tapi itu tidak memutus silaturahmi. Mereka tetap bisa menjaga silaturahmi nya melalui komunikasi yang kita sediakan," kata dia.

Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad 1444 H Tahun 2022 itu, pihaknya ke depan akan merencanakan berbagai kegiatan lomba Islami yang akan diikuti seluruh warga binaan. 

Menurut dia, perayaan maulid nabi tidak menjadikan pemisah antara sesama warga binaan dan petugas baik umat muslim maupun umat non muslim. Kebersamaan, lanjut Iwan, adalah merupakan suatu yang penting dalam menjaga persaudaraan sehingga menjadikan ketertiban dalam Rutan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, dirinya berharap dapat membawa semua warga binaan dan petugas Rutan ke arah yang lebih baik lagi.

"Mudah-mudahan momen yang baik ini kita semua bisa mengikuti jejak orang terdahulu kita agar bisa menjadi lebih baik lagi. Dalam momen meningkatkan silaturahmi ini,  kita tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya membangun," katanya.