Kabut asap, Nam Air batal terbang ke Sintang

id nam air, batal terbang, kabut asap, supadio pontianak

Kabut asap, Nam Air batal terbang ke Sintang

Ilustrasi: kabut asap dampak Karhutla di Pontianak. (Istimewa)

Pontianak (ANTARA) - Maskapai penerbangan Nam Air batal terbang dari Pontianak ke Sintang karena alasan kabut asap atau cuaca sehingga hal itu membuat sejumlah penumpang mengaku kecewa dan satu di antaranya seperti dirasakan Jane.

“Pertama Nam Air IN 144 tujuan Sintang schedule 11.20 WIB. Informasi pertama didapat pukul 12.30 WIB bahwa ada keterlambatan penerbangan karena alasan cuaca. Kemudian pada 14.00 WIB langsung diinformasikan dibatalkan penerbangan,” ujarnya di Pontianak, Senin.

Lanjutnya, selama keterlambatan tidak ada sama sekali kompensasi yang didapat oleh penumpang.

“Kita tidak ada kompensasi sama sekali, tiket refund akan diproses Jakarta dan pengembalian 2 minggu sampai 1 bulan akan ditransfer via rekening penumpang dan dipotong 15 persen,” kata dia.

Dengan adanya pemotongan 15 persen menurutnya tidak adai. Ia meminta dan berharap uang tiket segera dikembalikan dan tidak ada pemotongan.

“Uang tiket harusnya segera dikembalikan dan utuh. Tidak ada pemotongan. Jika bicara rugi kami sudah rugi waktu dan ditambah dipotong lagi,” pintanya.

Ia berharap tidak ada lagi kejadian batal terbang karena asap dan lainnya. Menurutnya dampak asap sangat besar dan dirinya sendiri mengalami.

“Semoga asap segera hilang. Saat ini asap mulai pekat dan tentu mengganggu aktivitas. Kesehatan tentu juga terganggu,” kata dia.

Terkait pembatalan terbang dari Pontianak ke Sintang, dikonfirmasi pihak maskapai hingga berita diturunkan belum ada jawaban.

Sebelumnya, aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Senin pagi, lancar tanpa terganggu kabut asap, tidak seperti satu hari sebelumnya.

"Pagi ini tidak ada yang terganggu aktivitas penerbangan karena jarak pandang aman. Saat ini jarak pandang 1.700 meter," ujar OIC Bandara Internasional Supadio Pontianak, Didi di Kubu Raya.

Dengan jarak pandang di atas minimal, semua aktivitas baik kedatangan dan keberangkatan tidak terkendala.

"Di penerbangan jadwal awal lancar tidak ada keterlambatan," sebut dia.

Dikatakan, berbeda dengan ya g terjadi pada Minggu (8/9) pagi, di jadwal penerbangan awal akibat kabut asap yang mulai menebal berdampak pada keterlambatan pada tiga penerbangan.

"Secara umum kemarin penerbangan aman. Namun hanya tiga penerbangan keterlambatan atau terdampak kabut asap. Itu pun hanya sekitar 15 menitan," kata dia.