Warga Bandarlampung gelar upacara HUT RI berbahasa daerah Lampung

id HUT ke-79 RI, upacara berbahasa lampung, hari kemerdekaan,Budaya lampung

Warga Bandarlampung gelar upacara HUT RI berbahasa daerah Lampung

Warga di Perumahan Abdi Negara Sukabumi Kota Bandarlampung tengah melakukan upacara dengan berbahasa Lampung serta menggunakan pakaian adat Lampung. ANTARA/HO-warga.

Kami hari ini melakukan upacara bendera dengan menggunakan Bahasa Lampung karena hampir mayoritas di sini adalah orang Lampung
Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah warga di Bandarlampung, Lampung menggelar upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) dengan menggunakan Bahasa Lampung.
 
"Kami hari ini melakukan upacara bendera dengan menggunakan Bahasa Lampung karena hampir mayoritas di sini adalah orang Lampung, maka ada usulan menggunakan bahasa daerah," ujar tokoh masyarakat, Mansi, di Bandarlampung, Sabtu.
 
Ia mengatakan kegiatan upacara bendera menggunakan Bahasa Lampung itu dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme serta persatuan warga dan generasi muda.
 
"Selain menggunakan Bahasa Lampung, kegiatan upacara bendera ini juga menggunakan baju adat dari berbagai daerah, termasuk memakai baju adat Lampung. Ini supaya warga bisa menjaga budaya daerah masing-masing," katanya.
 
"Di sini memang mayoritas masyarakat berasal dari suku Lampung, tetapi ada juga dari suku lainnya. Di sini kita berbagai macam budaya, dan melalui kegiatan ini mudah-mudahan jadi pemersatu agar selalu kompak," kata ketua panitia kegiatan, Desy Adha.
 
Ia menyebut upacara bendera berbahasa Lampung tersebut menggunakan dialek "O" atau "Nyo" milik Lampung Pepadun.
 
"Tema upacara kali ini adalah lestarikan budaya rawat keragaman Indonesia. Kegiatan ini menjadi ajang pelestarian adat dan budaya serta menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda," tambahnya.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga Bandarlampung gelar upacara HUT RI berbahasa Lampung