Kapolda Lampung berpesan pada siswa untuk menghindari tindakan melawan hukum

id Lampung,Pemkot Bandarlampung,Polisi,Polda Lampung

Kapolda Lampung berpesan pada siswa untuk menghindari tindakan melawan hukum

Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika saat menjadi pembina upacara di SMAN 1 Bandarlampung. Senin, (20/11/2023). (ANTARA/HO-Polda Lampung)

Bandarlampung (ANTARA) -
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika meminta kepada pasa siswa dan siswi sekolah menengah atas (SMA) untuk menghindari tindakan melawan hukum seperti tawuran dan geng notor hingga mengkonsumsi narkoba.

"Saya pesankan kepada para siswa untuk menghindari tindakan melawan hukum, geng motor dan juga tawuran hingga perbuatan tercela lainnya," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika di SMA Negeri 1 Bandarlampung, Provinsi Lampung, Senin.

Ia mengatakan, seluruh pejabat utama Kepolisian Daerah Lampung hari ini menjadi pembina upacara dibeberapa sekolah, karena ingin ikut berkontribusi membantu membangun generasi muda yang siap tampil untuk memimpin di masa mendatang.

"Kami (Polisi) memotivasi para siswa agar menjadi kebanggaan keluarganya, kebanggaan sekolahnya dan harapan bisa tampil. Karena mereka merupakan generasi emas yang akan memimpin masa mendatang," kata Kapolda.

Irjen pol Helmy santikan juga menekankan kepada genarasi penerus bangsa untuk jauh dari hal yang melanggar hukum, sehingga diharapkan mereka bisa menjadi generasi muda tangguh dan hebat di masa mendatang. 

"Para siswa ini kami harapankan bisa berkiprah di bidang ekonomi hingga bidang politik, serta menjadi bagian dari TNI ataupun Polri dan membangun bangsa yang bermartabat serta berbudi pekerti luhur," katanya.

Kemudian, lanjut dia, para pelajar ini ke depan tidak hanya menjadi kebanggaan orang tua serta keluarga tetapi juga bangsa yang mengharapkan mereka ini akan menjadi orang-orang yang berhasil di segala bidang kehidupan.

"Para siswa harus bisa menanamkan nilai kedisiplinan, berbudi luhur, tidak melupakan sejarah, seperti  mengibarkan bendera merah putih, ini sebagai wujud kecintaan kepada bangsa dan negara. Dimana membentangkan bendera merah putih merupakan tonggak perjuangan pendahulu, yang telah banyak melakukan pengorbanan," kata dia.

Menurut Kapolda Lampung, para pelajar ini diyakini dapat menjadi generasi emas pada 2045, karena di masa mendatang mereka yang akan memimpin bangsa Indonesia, sehingga memang harus etika dan adab anak-anak harus dipersiapkan dari sekarang dengan baik.

"Siswa harus menggantungkan cita-cita setinggi langit, sudah jangan Ikut-ikutan geng motor. Khususnya pelajar atau siswa dan siswi SMA Negeri 1 Bandarlampung diharapkan jangan terlibat narkoba hingga perkelahian antar sekolah," kata dia.

Kepala SMA Negeri 1 Bandarlampung Ngimron Rosadi mengatakan, pihaknya menyambut baik Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika datang menjadi pembina upacara bendera merah putih. 

"Tentunya ini sangat bermanfaat bagi sekolah sendiri maupun siswa-siswi SMAN 1 Bandarlampung. Sehingga dengan kedatangan Kapolda ke sini juga bisa menginspirasi mereka untuk mengantungkan cita-cita setinggi-tingginya," kata dia.