Kapolda Lampung tinjau Pilkades serentak di Lampung Timur

id Pilkades Lampung Timur, Kapolda Lampung, Pilkades Lampung Timur 2023

Kapolda Lampung tinjau Pilkades serentak di Lampung Timur

Kapolda Lampung meninjau Pilkades serentak di Lampung Timur, Senin 30, Oktober 2023. Turut mendampingi, Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, Kapolres Lamtim AKBP M Rizal Muchtar, Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo. FOTO ANTARA/HO-KODIM 0429 LAMPUNG TIMUR.

Lampung Timur (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol  Helmy Santika meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 112 desa Kabupaten Lampung Timur yang dilaksanakan Senin (30/10/23).

Kodim 0429 Lampung Timur dalam keterangan resmi yang diterima di Bandarlampung, Senin, menyebutkan,  Kapolda didampingi Karo Opss Kombes Pol Amiludin Roemtaat, Karo Log Kombes Pol Juwari, Dir Intelkam Kombes Pol Nowo Hadi Nugroho dan Dansat Brimob Kombes Pol Wahyu Widiarso, Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, Kapolres Lamtim AKBP M Rizal Muchtar, Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo, serta Forkopimcam Sukadana.

Desa yang ditinjau Kapolda Helmi Santika yakni Desa Mataram Marga dan Pasar Sukadana di Kecamatan Sukadana.

"Saya telah mengecek langsung ke TPS pelaksanaan Pilkades Mataram Marga dan Pasar Sukadana, dan alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan aman," ujar Kapolda.


Kapolda berharap kegiatan Pilkades di Lampung Timur terus berjalan aman sampai tahap pelantikan kepala desa yang terpilih.

Sementara itu, Kapolres Lampung Timur AKBP M. Rizal Muchtar mengatakan, dalam Pilkades serentak 2023 Kabupaten Lampung Timur, pihaknya  menerjunkan ratusan personel gabungan.

“Kita turunkan ratusan personel terdiri dari Polri-TNI yang disebar di seluruh TPS. Kita akan kawal tahapan Pilkades mulai dari pemungutan suara, penghitungan suara hingga dengan selesai,” kata kapolres.

Hal senada disampaikan Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi Indra Puji Triwanto. Menurutnya, sinergi Kodim dan Polres didukung oleh seluruh elemen masyarakat sehingga Pilkades serentak Kabupaten Lampung berjalan sesuai dengan harapan.

"Menjaga situasi kamtibmas yang kondusif bukan tugas TNI-Polri saja. Seluruh komponen masyarakat harus berperan serta menjaga keamanan dan ketertiban sehingga dalam pelaksanaan pilkades serentak yang diikuti oleh 112 desa se-Kabupaten Lampung Timur berjalan aman, dan damai", kata Dandim.