RS Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang adakan layanan kesehatan gratis

id RS Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang, layanan kesehatan gratis,Dompet Dhuafa

RS Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang adakan layanan kesehatan gratis

RS Hasyim Asy’ari (RSHA) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur adakan layanan kesehatan gratis. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

RSHA melayani pasien umum, pasien BPJS serta pasien asuransi.
Jombang (ANTARA) - Rumah Sakit Hasyim Asy’ari (RSHA) Tebuireng Jombang, Jawa Timur menggelar aksi sosial berupa layanan kesehatan bagi masyarakat pada Sabtu (29/7) sebagai rangkaian Grand Launching RSHA.

Kepala Bidang Humas dan Marketing RSHA Popin Rudiatin Meiningsih di sela-sela kegiatannya menuturkan, RSHA dibentuk dari dua lembaga besar yang bernaung di bawah PT Tebuireng Dompet Dhuafa Medika.

Lembaga Besar Tebuireng dan Dompet Dhuafa yang bernaung di bawah PT Tebuireng Dompet Dhuafa Medika adalah dua lembaga besar yang membentuk RSHA.

Rumah sakit akan beroperasi mulai 2 Februari 2023. Sedangkan, pada 1 Juli 2023 pasien BPJS mulai diterima di RSHA.

“RSHA melayani pasien umum, pasien BPJS serta pasien asuransi. RSHA mempunyai program andalan untuk pasien dhuafa, yakni program berobat gratis bagi pasien kurang mampu dan tidak mempunyai jaminan layanan kesehatan atau kartu BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang sudah tidak aktif,” kata Popin.

Sebagai hal utama dalam menjangkau program pasien dhuafa, RSHA mempunyai tim seleksi untuk memverifikasi calon pasien dhuafa. Calon pasien dhuafa harus mengikuti proses verifikasi, administrasi dan lainnya. Persyaratan administrasinya cukup membawa foto copy KTP, foto copy KK serta surat keterangan tidak mampu dari desa.

Di sisi lain, RSHA mempunyai berbagai pelayanan rawat jalan, di antaranya poli penyakit dalam, poli kandungan, poli anak, poli jantung, poli ortopedi, poli bedah, dan poli gigi. Pelayanan yang menjadi unggulan di RSHA adalah poli jantung dan poli bedah.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang juga sudah memetakan atau rujukan bagi RSHA di beberapa Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) serta Dokter Praktik Perorangan (DPP) yang sudah bekerjasama dengan RSHA, seperti Puskemas Cukir, Puskesmas Brambang, dan beberapa klinik lainnya,” kata Popin.

Sementara, dengan berdirinya RSHA yang terletak di Parkir Makam Gus Dur, Cukir Gg. 2, Kwaron, Desa Cukir, Kecamatan Diwek diharapkan bisa mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar RSHA. Terlebih lagi, RSHA memiliki berbagai pelayanan kesehatan yang lengkap.

“Harapan kami, RSHA bisa menambah daftar Rumah Sakit di Kabupaten Jombang, bisa bermanfaat di bidang kesehatan, membantu masyarakat luas dan membantu masyarakat tidak mampu. Ke depannya, rumah sakit ini bisa terus berjalan dan menjadi semakin lebih baik,” kata Popin.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Advertorial)
Baca juga: Dompet Dhuafa gelar Humanitalk
Baca juga: Generali Indonesia apresiasi Pesantren Tahfidz Dompet Dhuafa