Suzuki luncurkan kendaraan ramah lingkungan "New XL7 Hybrid" di Lampung

id suzuki xl 7, hybrid, kendaraan ramah lingkungan, peluncuran hybrid

Suzuki luncurkan kendaraan ramah lingkungan "New XL7 Hybrid" di Lampung

Suzuki luncurkan kendaraan ramah lingkungan "New XL7 Hybrid" di Lampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer resmi Suzuki di Lampung PT Persada Lampung Raya meluncurkan produk terbaru New XL7 Hybrid.

Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hady S.Halim, di Bandarlampung, Sabtu, memaparkan, dengan mengusung tagline New Energy to Move Further, Suzuki Indonesia memperkenalkan kepada masyarakat Lampung New XL7 Hybrid sebagai SUV 7 penumpang ramah lingkungan dengan teknologi hybrid.

"Kendaraan ini adalah wujud kesinambungan Suzuki akan kontribusi terhadap dunia yang berkelanjutan New XL7 Hybrid dengan penambahan teknologi SHVS yang ramah lingkungan menjadikan New XL7 Hybrid sebagai pelopor SUV 7 penumpang di kelasnya yang menggunakan teknologi hybrid," kata dia.

Ia menjelaskan perangkat teknologi tersebut memungkinkan adanya fungsi engine auto start stop yang yang bekerja untuk meminimalisir bahan bakar ketika tidak diperlukan, sehingga emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar dapat dikurangi.

Dengan penggunaan baterai lebih besar, Hady menjelaskan secara tenaga sebenarnya tidak ada kenaikan signifkan dari model biasa. Dengan mesin K15B, XL7 Hybrid memiliki tenaga 104,7 Ps atau 103 Tk pada 6.000 rpm, dan torsi 138 Nm di putaran 4.400 rpm.

Namun Hady mengatakan, dengan kapasitas baterai yang lebih besar memberikan sedikit perubahan karakter pada putaran bawah yang lebih responsif. Selain itu, juga berpengaruh pada durasi auto start-stop.

Hady melanjutkan, SHVS meliputi 2 komponen penting yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang akan membantu meringankan kinerja mesin 1.500cc berkode K15B.

Dengan teknologi SHVS yang praktis dan terbukti minim biaya perawatan ini tidak perlu dikhawatirkan oleh penggunanya, karena untuk komponen Lithium-ion battery sudah dijamin oleh Suzuki melalui kebijakan garansi resmi selama 8 tahun.

"Selain itu irit bahan bakar," tambahnya.