Mendag sebut tata kelola pemerintahan dapat tingkatkan kinerja ekonomi

id Mendag ke lampung, ekonomi lampung, pertumbuhan ekonomi, kemendag

Mendag sebut tata kelola pemerintahan dapat tingkatkan kinerja ekonomi

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat melakukan pelepasan ekspor produk turunan CPO di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Kamis (5/9/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Pembenahan menuju tata kelola pemerintahan yang baik agar industri lokal seperti UMKM bisa berkembang
Lampung Selatan (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa penerapan tata kelola pemerintahan yang baik mampu menjaga dan meningkatkan kinerja perekonomian.

"Pembenahan menuju tata kelola pemerintahan yang baik agar industri lokal seperti UMKM bisa berkembang," kata Zulkifli Hasan di Lampung Selatan, Kamis.

Ia menjelaskan pembenahan tata kelola itu dilakukan salah satunya dengan melarang beredar luasnya barang ilegal agar industri dan produk lokal bisa terus berproduksi serta diminati pasar dalam negeri.
 
"Lalu tidak boleh ada produk yang tidak membayar pajak dengan baik," ucap dia.
 
Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga terus mendorong para pelaku UMKM agar terus berproduksi dan menghasilkan produk-produk berkualitas bagi konsumen.
 
"Setiap berkunjung ke berbagai daerah selalu saya sempatkan bertemu dengan UMKM, ini dilakukan agar mereka bersemangat meningkatkan produktivitas jadi bisa melengkapi penerapan tata kelola yang baik, pertumbuhan investasi, dan ekspor agar bisa meningkatkan perekonomian," tambahnya.

Kemudian, selain penerapan tata kelola secara berkelanjutan, hal penting lainnya untuk menggairahkan kinerja perekonomian adalah dengan menjaga iklim perdagangan agar ekspor makin optimal.

"Dalam menumbuhkan perekonomian dilakukan beberapa hal seperti dari segi menjaga perdagangan dalam negeri dan luar negeri melalui ekspor yang harus bertambah," ujarnya.

Mendag menambahkan pembenahan sektor investasi juga menjadi kunci pertumbuhan ekonomi negara yang harus terus dilakukan dan ditingkatkan.

Dalam kesempatan ini, ia memastikan pihaknya juga melakukan edukasi kepada mahasiswa serta siswa agar terus termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh serta pengelolaan ekonomi nasional dapat menjadi lebih baik.
 
"Kami juga berusaha memotivasi generasi penerus kita agar suatu saat nanti melanjutkan pengelolaan pemerintahan yang baik untuk mencapai tujuan pertumbuhan ekonomi yang baik," ujar dia lagi.

Baca juga: Mendag jamin pasokan pangan tersedia jelang musim kemarau

Baca juga: Mendag sebut hak konsumen wajib dilindungi dan dijamin

Baca juga: Mendag lepas ekspor 72 ton mentega shortening asal Lampung ke Yunani