Italia ditahan imbang Makedonia Utara

id Timnas Italia,Timnas Makedonia Utara,Grup C Kualifikasi Euro 2024,Kualifikasi Euro 2024,Enis Bardhi,Ciro Immobile,Timnas

Italia ditahan imbang Makedonia Utara

Foto arsip - Pendukung tim nasional Italia saat menyaksikan pertandingan Kualifikasi EURO 2020 melawan Yunani di Stadion Olimpico, Roma, Italia, pada 12 Oktober 2019. (ANTARA/AFP/Alberto Pizzoli)

Hasil ini membuat Italia masih tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara Grup C Kualifikasi Euro 2024 dengan raihan empat poin dari tiga laga
Jakarta (ANTARA) - Penyerang Enis Bardhi menggagalkan kemenangan Italia atas Makedonia Utara usai laga berakhir dengan skor imbang 1-1 pada pertandingan Grup C Kualifikasi Euro 2024 di Stadion Todor Proeski, Skopje, Minggu dini hari WIB.
 
Pada pertandingan ini Italia sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Ciro Immobile, namun dibuyarkan oleh Bardhi sembilan menit sebelum laga usai, demikian catatan UEFA.
 
Hasil ini membuat Italia masih tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara Grup C Kualifikasi Euro 2024 dengan raihan empat poin dari tiga laga, sedangkan Makedonia Utara berada di posisi empat dengan torehan poin sama namun sudah memainkan empat pertandingan.
 
Secara statistik Italia unggul dalam penguasaan bola dengan mencatatkan 65 persen, namun soal melepaskan tendangan kedua tim hampir berimbang dengan masing-masing memiliki tiga tendangan tepat sasaran.
 
Sejak dimulainya babak pertama, Italia langsung berinisiatif menguasai jalannya pertandingan, namun hingga 15 menit jalannya laga tidak ada peluang yang tercipta. Italia akhirnya mendapatkan peluang melalui sundulan Bryan Cristante setelah menerima umpan silang Federico Demarco, namun bola masih menyamping dari gawang Makedonia Utara.
 
Selanjutnya giliran Makedonia Utara yang memiliki peluang setelah umpan silang Ezgjan Alioski dapat disambut oleh sundulan Bojan Miovski namun masih belum menemui sasaran.Italia kembali mendapatkan peluang, kali ini melalui tendangan keras gelandang Newcastle United Sandro Tonali, namun upayanya tersebut masih membentur tiang gawang. Pada sisa waktu babak pertama, Italia tetap dominan dalam melancarkan serangan, namun hingga turun minum skor sama kuat 0-0 tetap bertahan.
Memasuki babak kedua, Italia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan berhasil mencuri keunggulan pada menit ke-47 berkat gol yang dicetak Ciro Immobile.
 
Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Nicolo Barella, bola dapat disambut sundulan kepala Immobile yang membobol gawang Makedonia Utara sehingga skor berubah menjadi 1-0. Unggul satu gol, Italia semakin bersemangat untuk menambah gol, namun beberapa upaya yang mereka lakukan dapat dipatahkan oleh lini pertahanan Makedonia Utara.
 
Petaka bagi Italia hadir pada menit ke-81 setelah tendangan bebas dari Enis Bardhi mampu membobol gawang Italia yang dijaga oleh Gianluigi Donnarumma sehingga skor sama kuat 1-1. Italia pun berusaha untuk mencari gol kemenangan pada waktu yang tersisa, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-1 untuk kedua negara tetap bertahan.
 
Selanjutnya Italia akan berhadapan dengan Ukraina pada lanjutan pertandingan Grup C Kualifikasi Euro 2024, Selasa (12/9) waktu setempat, sedangkan Makedonia Utara akan bertandang ke markas Malta, di hari yang sama.