Atlet MTB Indonesia lakukan adaptasi dan jajal lintasan di Vietnam

id XCO,Indonesia,Downhill,sea games hanoi,balap sepeda,sepeda,pb issi,indonesia,sea games 2021,sea games vietnam,mtb

Atlet MTB Indonesia lakukan adaptasi dan jajal lintasan di Vietnam

Atlet MTB Indonesia dari nomor downhill dan XCO mulai berlatih menjajal lintasan lomba di SEA Games Hanoi, Vietnam. (ANTARA/HO-PB ISSI)

Jakarta (ANTARA) - Atlet MTB Indonesia dari nomor downhill dan cross-country olympic (XCO) terus melakukan persiapan jelang turun pada SEA Games Hanoi, Vietnam, seperti beradaptasi dan menjajal lintasan yang menjadi lokasi lomba di Hoa Binh City.

Pelatih downhill Indonesia Agus Suherlan mengatakan atlet dalam kondisi siap. Menurutnya, trek di Vietnam memiliki keunikan yakni ketika hujan turun, tanah dengan cepat menyerap air.

"Sehingga ketika intensitas hujan tinggi pun kami sudah siap mempersiapkannya. Untuk tingkat kecuraman hampir sama dan anak-anak pernah turun dengan kondisi trek seperti di sini. Semua sudah dipersiapkan mulai alat, mental, fisik, dan lain sebagainya," kata Agus dalam keterangan tertulis, Jumat.



Agus pun optimistis atlet Indonesia bisa meraih hasil terbaik. Pada nomor downhill , Merah Putih bakal mengandalkan Popo Sejati Ario dan Andy Prayoga pada sektor putra, serta Tiara Prastika Andini pada bagian putri.

"Popo memiliki skill dan power. Pun demikian dengan Andy Prayoga dan Tiara. Kami memiliki alat yang mendukung karena menyesuaikan karakter dari masing-masing atlet baik saat trek curam maupun pedaling," ujar Agus menambahkan.

Sementara itu, pelatih XCO Oki Raspati juga mengatakan arena di sana memiliki kelembapan dan intensitas hujan tinggi, namun berlangsung tidak lama.



Menurutnya, trek untuk XCO menjadi yang terpanjang sepanjang sejarah SEA Games yakni dengan 5,2 KM. Sedangkan, lanjut Oki, syarat dari UCI minimal 4,2 KM.

"Arena XC tidak bisa dibandingkan secara langsung karena setiap trek memiliki keunikan masing-masing. Tapi lintasan di sini sangat lebar dan tanjakan turunan curam," kata Oki.

Dengan persiapan selama satu tahun di Yogyakarta, dia memiliki keyakinan atlet XCO Indonesia yakni Ihza Muhammad dan Zaenal Fanani untuk putra dan Sayu Dewi Bella Suka ada sektor putri bisa memberikan yang terbaik.

"Persaingan sendiri diprediksi ketat, ada Thailand, Filipina, dan tuan rumah tentunya," pungkas Oki.

Berdasarkan jadwal dari penyelenggara SEA Games Vietnam, atlet downhill dan XCO memiliki kesempatan untuk melakoni latihan resmi pada Sabtu-Minggu (14-15/5) pagi hingga siang. Setelah itu pada Sabtu dilanjutkan dengan time session untuk downhill.

Adapun final atau perebutan medali nomor downhill akan berlangsung pada Minggu (15/5). Sementara perebutan medali XCO satu hari setelahnya atau Senin (16/5).