Kopi Sidikalang, cita rasanya kualitas dunia

id kopi sidikalang, dairi,kopi Lampung

Kopi Sidikalang, cita rasanya kualitas dunia

Kopi Sidikalang (ANTARA/Juraidi)

Sidikalang (ANTARA) - Kopi Sidikalang asal Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, yang sudah terkenal sejak zaman Belanda sampai saat ini, eksistensinya tetap terjaga dengan baik di tengah semakin mengglobalnya kopi jenis lainnya di dunia.

Budi Cibro, salah seorang petani kopi di Sidikalang, Rabu, mengatakan, kopi tetap menjadi salah satu hasil pertanian andalan daerah itu karena memang kualitasnya yang tetap terjaga sampai sekarang.

Dengan kualitas tersebut tidak heran kopi Sidikalang tetap menjadi incaran bagi penikmat kopi di tanah air. Bahkan kopi Sidikalang tetap mampu bertahan di deretan kopi terbaik nusantara.

"Tanah di sini memang sangat cocok untuk tanaman kopi. Kopi yang dihasilkan memiliki kadar kafein tinggi sehingga tetap menjadi idola bagi penikmat kopi," katanya.

Baca juga: Bupati Lampung Barat ingin wujudkan sekolah kopi
Pemkab Dairi sendiri berkomitmen untuk tetap menjaga kejayaan kopi Sidikalang yang menjadi salah satu komoditas unggulan pertanian di Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyebutkan, beberapa hal yang menjadi fokus Pemkab Dairi untuk menjaga dan mengembalikan kejayan kopi Sidikalang adalah memperhatikan jumlah tanam untuk tanaman kopi yang cenderung menurun.

Karena dinilai salah satu yang menjadi penyebab menurunnya jumlah tanam tersebut karena ketersediaan lahan yang belum memadai.

"Dalam RPJMD Kabupaten Dairi, telah dibuat program untuk 5 tahun ke depan penanaman kopi sebanyak 5.000 hektar. Kita juga akan menggerakkan para petani milenial untuk ikut menanam kopi tersebut," katanya.

Hal lainnya dinyatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate adalah tentang harga yang tidak menguntungkan bagi para petani kopi sehingga tidak dapat meningkatkan perekonomian bagi para petani.

Untuk itu ia menyebutkan Pemkab Dairi mengambil beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut, di antaranya dengan menyediakan bibit kopi yang unggul dan peningkatan kualitas kopi dengan menerapkan budidaya tanaman kopi yang baik.

Saat ini, kata dia, konsumsi kopi di dalam negeri semakin tinggi, kopi Sidikalang harus ikut menjadi bagiannya sehingga industri kopi ini menyenangkan.

"Komitmen dari seluruh pemangku kepentingan dan pihak terkait sangat kita perlukan sehingga kejayaan kopi Sidikalang ini dapat kita kembalikan dengan kolaborasi bersama," katanya.


Baca juga: Sumsel bangun pabrik pengolahan kopi, ekspor melalui Lampung
Baca juga: Lampung berkontribusi 2,09 miliar dolar AS untuk ekspor kopi nasional
Baca juga: Ekspor pertanian Lampung naik 6,7 persen
Baca juga: UMKM Bandarlampung hasilkan sus kering kopi
Baca juga: Sus kering kopi hasil kreasi unik UMKM Bandarlampung
Baca juga: Kopi, lada, pisang muli dominasi motif batik tulis karya Andri


#GernasBBI
#BeliKreatifDanauToba
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar