Lampung berkontribusi 2,09 miliar dolar AS untuk ekspor kopi nasional

id Ekspor kopi Lampung, perdagangan kopi Lampung

Lampung berkontribusi 2,09 miliar dolar AS untuk ekspor kopi nasional

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Syailendra. Bandarlampung, Jumat 4/12/2020 (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Provinsi Lampung mencatat kontribusi ekspor kopi Lampung secara nasional pada periode Januari hingga September 2020 sebesar 2,09 miliar dolar AS.

"Total sharing ekspor kopi Lampung untuk nasional persentasenya sebanyak 1,88 persen," ujar Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Syailendra, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan kontribusi Lampung terhadap ekspor kopi nasional bernilai 2,09 miliar dolar AS.

"Kontribusi Lampung dalam ekspor kopi nasional cukup banyak, sehingga diharapkan dapat menyasar banyak negara tujuan ekspor, untuk saat ini tujuan ekspor ada di Singapura, India, dan Bangladesh ini perlu ditingkatkan," katanya.

Menurutnya, upaya memaksimalkan produksi kopi Lampung untuk memenuhi kebutuhan konsumsi kopi nasional ataupun ekspor perlu ada sinergisitas antara pemerintah daerah, perusahaan dan petani harus terus dijaga.

"Harus ditingkatkan sinergitas antara petani kopi, pemerintah, dan perusahaan sebab kesejahteraan petani kopi juga perlu diperhatikan," ucapnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Gubernur Lampung.

"Kopi Lampung dapat menjadi salah satu komoditi yang menambah devisa secara nasional, dan diharapkan dapat membantu kesejahteraan petani kopi bila produksi dan harga tetap terjaga," ujarnya.

Ia mengatakan di Provinsi Lampung jenis biji kopi yang dihasilkan merupakan jenis robusta yang umumnya berasal dari Waykanan, Lampung Barat, Tanggamus, dan Lampung Tengah.

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik, Provinsi Lampung menjadi satu dari lima Provinsi produsen kopi terbesar dengan nilai kontribusi terhadap total produksi kopi secara nasional tahun 2018 sebanyak 14,95 persen.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar