Dinkes Lampung Tengah siapkan 60 ribu liter disinfektan

id loekman djoyoseoemarto,covid-19,lampung tengah,cairan disinfektan

Dinkes Lampung Tengah siapkan 60 ribu liter disinfektan

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto saat memimpin rapat pencegahan penyebaran COVID-19 di Gunubg Sugih. (Foto: Antaralampung/Dok/Diskominfo Lampung Tengah)

Kita berharapkan dengan didistribusikannya cairan disinfektan, wilayah Lamopung Tengah akan steril dan terbebas dari virus corona atau COVID-19, katanya

Lampung Tengah (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah Otnil Sriwidiatmoko mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 60 ribu liter cairan disinfektan berikut alat penyemprotnya yang akan didistribusikan ke kecamatan hingga kampung di daerah itu.

“Kita berharap dengan didistribusikan cairan disinfektan, wilayah Lampung Tengah akan steril dan terbebas dari virus corona atau COVID-19,” katanya seperti dalam rilis Dinas Kominfo Lampung Tengah yang diterima, Selasa.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan obat-obatan dan alat medis lainnya untuk mendukung upaya-upaya pencegahan terhadap merebaknya COVID-19 di Lampung Tengah.

Sebelumnya, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto memimpin rapat kerja dengan para kepala puskesmas di daerahnya untuk mengevaluasi kesiapan pemda setempat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

Dalam arahannya, Bupati memberikan apresiasi kepada para petugas medis di Lampung Tengah yang telah berupaya bahu membahu menangani mencegah mewabahnya virus corona, apresiasi tersebut akan diberikan dengan pemberian tunjangan tambahan kepada masing-masing para medis mulai dari dokter, perawat dan tenaga medis lainnya.

Loekman juga ingin memastikan apakah standar prosedur (SOP) penanganan pencegahan virus corona ini sudah dipahami dan siap dijalankan oleh tenaga setempat, termasuk penanganan jika ada tamu yang datang dari luar Lampung Tengah yang terinfeksi.

“Mengingat Kabupaten Lampung Tengah ini merupakan daerah perlintasan dari Sumatera ke Jawa dan sebaliknya,” katanya.

Bupati menyatakan sejak merebaknya wabah corona di dunia, pihaknya  terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait penanganannya.

“Namun alhamdullilah hingga saat ini masyarakat Kabupaten Lampung Tengah tidak ada yang terinfeksi virus tersebut,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Demang Sepulau Raya saat ini juga telah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan penanganan virus corona dan telah menyiapkan ruangan isolasi termasuk dengan tenaga medisnya .

Loekman meminta seluruh puskesmas mulai menggencarkan sosialisasi upaya preventif agar tidak mudah terinfeksi virus corona. Salah satunya dengan menjaga pola hidup sehat.

Terkait langkanya bahan-bahan pembuatan carian disinfektan di pasaran termasuk pelindung seperti masker, Bupati menyatakan akan melakukan koordinasi dengan pihak penegak hukum dan Satuan Polisi Pamong Praja untuk merazia bila kedapatan ada yang melakukan penimbunan barang-barang tersebut.

 

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar