Bandarlampung (ANTARA) - Kepala UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) Dr. Eng. Ir. Khairudin menekankan pentingnya peran perpustakaan sebagai sumber belajar utama bagi mahasiswa, dalam acara pembukaan orientasi perpustakaan mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025.

Kegiatan ini berlangsung di ruang seminar lantai tiga Perpustakaan Unila dan akan dilaksanakan selama lima hari, dari 14 hingga 18 Oktober 2024.

Khairudin dalam pidato sambutan menjelaskan saat ini terjadi perubahan paradigma dalam sistem pembelajaran ketika siswa memasuki jenjang perguruan tinggi.

"Dulu, guru adalah sumber belajar utama, tetapi sekarang mahasiswa harus aktif menggali ilmu dari perpustakaan," ujarnya, Senin (14/10).

Oleh karena itu, ia mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia di perpustakaan, baik secara langsung maupun melalui akses digital.

Perpustakaan Unila kini bertransformasi menjadi perpustakaan hybrid, yang memungkinkan pemustaka untuk mengakses koleksi cetak dan digital dari mana saja, asalkan memiliki akun email Unila.

Khairudin menyatakan pihaknya memiliki jutaan artikel dari jurnal-jurnal terindeks Scopus dan e-book dari berbagai penyedia ternama. Hal ini adalah sumber daya yang sangat berharga bagi mahasiswa.

Kegiatan orientasi ini ditujukan untuk mahasiswa program sarjana dan diploma, dengan 50 sesi yang melibatkan duta baca dan anggota Komunitas Baca UPT Perpustakaan Unila.

Ketua pelaksana, Nurhidayati, S.Sos., berharap kegiatan ini berjalan sukses dan dapat memberikan informasi serta motivasi kepada mahasiswa baru.

"Besar harapan kami agar kegiatan ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi anak-anak sekalian," tutupnya.

Dengan upaya ini, Unila berkomitmen untuk mendukung mahasiswa dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan memperluas akses mereka terhadap sumber belajar.

Baca juga: Unila gandeng BSI Scholarship dukung mahasiswa berprestasi dan berdaya saing

Baca juga: Rakor bidang kemahasiswaan untuk pembinaan prestasi mahasiswa di Unila

Baca juga: Unila gelar lokakarya pengembangan rencana bisnis Laboratorium PRPTN 2024


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024