Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) menggelar rapat koordinasi (rakor) bidang kemahasiswaan dengan tema “Pembinaan Prestasi Mahasiswa” digelar di Swissbel Hotel Lampung, Bandarlampung, beberapa waktu lalu.

Kegiatan dihadiri berbagai pihak penting dalam dunia pendidikan dan olahraga, termasuk Ketua Harian KONI Lampung, para mahasiswa berprestasi di berbagai ajang nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), Kompetisi Mahasiswa Indonesia (KMI), serta mahasiswa penerima KIP Kuliah dan Program Mahasiswa Pengembangan Akademik Prestasi (PMPAP) Unila.

Kegiatan secara resmi dibuka Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, yang menekankan pentingnya dukungan perguruan tinggi dalam membantu mahasiswa mencapai prestasi nasional maupun internasional.

Dalam sambutannya, Ketua Harian KONI Lampung Brigjen TNI (Purn) Amalsyah Tarmizi, juga menekankan pentingnya pembinaan atlet mahasiswa.

“KONI Lampung berkomitmen untuk mempersiapkan atlet-atlet berbakat, termasuk dari Universitas Lampung, agar dapat terus mengharumkan nama provinsi di kancah nasional, seperti PON 2024 dan PON 2028 yang akan datang,” ujarnya.

Presentasi yang dibawakan Brigjen TNI (Purn) Amalsyah Tarmizi juga menyoroti beberapa pencapaian penting dalam pembinaan atlet Lampung, termasuk keberhasilan memanfaatkan perlengkapan latihan dan mempersiapkan Provinsi Lampung sebagai tuan rumah bersama untuk PON 2032.

Selanjutnya, Prof. Lusmeilia Afriani mengungkapkan komitmen Unila dalam mendukung para atlet mahasiswa.

“Dukungan kami mencakup pemberian dispensasi kuliah, bimbingan akademik, serta kemudahan dalam perkuliahan, seperti fasilitas latihan yang tersedia di kampus. Kami ingin memastikan para mahasiswa atlet dapat tetap fokus dalam latihan tanpa mengorbankan pendidikan mereka,” ujarnya pula.

Salah satu contoh prestasi yang dibanggakan dari alumni mahasiswa Unila adalah Tri Wahyuni, yang meraih tiga medali emas di cabang Senam Ritmik pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. Keberhasilan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Unila, tetapi juga menjadi dorongan untuk terus meningkatkan program pembinaan olah raga di kampus.

Sebagai langkah lanjut, Unila berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) pada tahun 2029 atau 2031, serta mengembangkan program studi olahraga untuk mendukung kualitas SDM keolahragaan di Provinsi Lampung.
Baca juga: Rektor Unila buka Simposium Fisiologi Internasional ke-31
Baca juga: Unila siapkan rencana bisnis layanan laboratorium


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024