Dinas Pariwisata sebut ada 65 destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Barat

id Destinasi wisata ,pesisir barat,Dinas pariwisata,wisata pesisir barat

Dinas Pariwisata sebut ada 65 destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Barat

Kepala Dinas Pariwisata Pesisir Barat I Nyoman Setiawan saat diwawancarai. ANTARA/Riadi Gunawan.

Kalau secara jumlah yang sudah tenar atau yang sudah banyak dikunjungi wisatawan ini sekitar 65 destinasi wisata.
Pesisir Barat (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat I Nyoman Setiawan menyebutkan, destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung ini yang sudah tercatat sebanyak 65 destinasi wisata.

"Kalau secara jumlah yang sudah tenar atau yang sudah banyak dikunjungi wisatawan ini sekitar 65 destinasi wisata," kata Nyoman saat diwawancarai di Krui, Senin.

Selanjutnya dia menyebutkan, dari 65 destinasi wisata tersebut ada lima unggulan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.

"Untuk unggulan wisata kita ada lima destinasi wisata unggulan, yang pertama Labuhan Jukung, Pantai Tanjung Setia, Pulau Pisang, Gua Matu, dan Pantai Mandiri," kata dia lagi.

Dia mengatakan bahwa Kabupaten Pesisir Barat ini memiliki segudang destinasi wisata, dari ujung Kecamatan Bengkunat sampai ujung Kecamatan Lemong. 

"Jadi Pesisir Barat ini memiliki banyak sekali destinasi wisata, termasuk jenisnya juga lengkap, ada wisata bahari, ada wisata alam, wisata religi, termasuk di dalamnya wisata bersemedi," katanya pula.

Pihaknya akan terus menggali potensi wisata di Pesisir Barat ini, karena masih banyak destinasi wisata yang indah dan harus dipromosikan.

"Sebenarnya, di luar ini masih banyak sebetulnya destinasi wisata tersembunyi yang harus kita gali lagi," ujarnya.

Pihak Dinas Pariwisata setempat secara rutin melakukan kunjungan ke berbagai destinasi wisata untuk mendongkrak pariwisata di Pesisir Barat ini.

"Kemudian untuk destinasi tertentu yang memiliki potensi bagus, kami juga secara rutin melakukan kunjungan-kunjungan, yang kami lakukan kami berusaha untuk melibatkan pihak peratin, kecamatan, maupun pihak lainnya, yang memungkinkan kita berkolaborasi tentang destinasi, selama ini kan masih adanya hambatan-hambatan dan bahkan akses lokasinya pun susah dijangkau sehingga kita untuk mengunjungi gimana cara kita bisa berkolaborasi untuk memajukan wisata di Pesisir Barat ini," kata Nyoman lagi.

Dia menyampaikan, pada tahun 2022 kemarin jumlah wisatawan yang masuk ke Pesisir Barat mencapai 62 ribu wisatawan, yang membuat pihak dinas bersemangat menggali potensi wisata di Pesisir Barat, ini untuk menambah potensi wisata agar wisatawan lebih bersemangat berlibur di Pesisir Barat.

"Jumlah kunjungan wisatawan setelah pandemi COVID-19 sempat drop terus di tahun 2022 kemarin tercatat 62 ribu lebih kunjungan wisatawan, dan untuk jumlah wisatawan mancanegara itu ada 26 ribu lebih jadi ini cukup signifikan lah bagi kita di Pesisir Barat ini lebih menggali potensi wisata di sini," kata dia pula.
Baca juga: Gubernur dukung pengembangan wisata di Pesisir Barat
Baca juga: Kabupaten Pesisir Barat Lampung miliki lima wisata unggulan