Polres Lampung Barat perketat penjagaan di gudang logistik KPU

id Lampung Barat ,Polisi ,Perketat keamanan gudang logistik

Polres Lampung Barat perketat penjagaan di gudang logistik KPU

Personel Kepolisian Polres Lampung Barat saat melakukan pengamanan di gudang penyimpanan logistik Pilkada. (ANTARA/HO/Humas Polres Lampung Barat)

Pengamanan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama tahapan pemilihan umum di Kabupaten Lampung Barat

Lampung Barat (ANTARA) - Personel Kepolisian Polres Lampung Barat memperketat penjagaan di gudang penyimpanan logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pengamanan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama tahapan pemilihan umum di Kabupaten Lampung Barat. Dalam kegiatan ini, anggota Polres dikerahkan untuk menjaga situasi tetap kondusif dan mencegah potensi gangguan yang dapat menghambat proses pemilu," kata Kapolres Lampung Barat AKBP Rinaldo Aser saat dihubungi dari Lampung Selatan, Selasa.

Menurut dia, semua hal yang berkaitan dengan pemilu harus steril dari berbagai jenis gangguan dan ancaman, terutama pada objek vital Pilkada 2024 termasuk gudang penyimpanan logistik.

Ia menyebutkan bahwa hal tersebut juga bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran distribusi logistik pemilu di seluruh wilayah hukum Polres Pesisir Barat, serta untuk menjamin keamanan penyelenggara pilkada.

Rinaldo juga menekankan kepada petugas keamanan agar memperketat keamanan tidak hanya di kantor KPU dan gudang penyimpanan logistik, akan tetapi juga institusi pengawas pemilu, yakni Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Barat.

Menurut dia, pengamanan di gudang logistik dan Kantor Bawaslu difokuskan pada upaya pencegahan potensi gangguan, seperti aksi unjuk rasa yang tidak sesuai prosedur atau konflik antar pendukung pasangan calon.

"Kami berkomitmen untuk memberikan pengamanan maksimal, sehingga seluruh tahapan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman," kata dia.

Kapolres juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara kepolisian dan KPUD untuk menciptakan suasana yang aman bagi masyarakat.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalani proses demokrasi, serta mendukung pelaksanaan pemilu yang berkualitas di wilayah Lampung Barat," ujarnya.

Pengetatan pengamanan tersebut juga sebagai bagian dari Operasi Mantap Praja Krakatau 2024. Operasi ini dilaksanakan untuk menjamin keamanan dan kelancaran Pilkada 2024.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Barat telah menetapkan sebanyak 222.236 pemilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2024.

Baca juga: Lampung Barat optimalkan penerapan dan peningkatan SPBE

Baca juga: Tim gabungan pasang kamera jebak usai kemunculan beruang di Lampung Barat

Baca juga: Pj Bupati Lambar sebut progres pembangunan pasar Tematik capai 30 persen