Lampung Barat optimalkan penerapan dan peningkatan SPBE

id Lampung Barat ,SPBE ,Pemkab Lambar

Lampung Barat optimalkan penerapan dan peningkatan SPBE

Ilustrasi- Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. (ANTARA/HO/Internet)

Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat menggagas aksi perubahan guna mengoptimalkan penerapan dan peningkatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lampung Barat Munandar Mursal, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Selasa, mengatakan penggunaan internet dan perangkat mobile telah memungkinkan akses informasi dan layanan publik secara cepat dan mudah, yang internet telah mengubah cara interaksi dan pertukaran informasi antara pemerintah dan masyarakat.

"SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE secara terintegrasi, serta SPBE ini bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya," kata dia.

Menurut dia, banyak negara dan organisasi internasional telah mendorong pemerintah untuk mengadopsi SPBE sebagai langkah menuju pemerintahan yang lebih baik dan layanan publik yang berkualitas.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Nukman mengapresiasi Kepala Diskominfo yang telah berhasil menggagas penerapan SPBE.

Ia berharap gagasan yang telah ditorehkan Diskominfo  membawa perubahan yang bisa memenuhi harapan semua pihak, khususnya terkait pelayanan yang berbasis elektronik.

"Semoga gagasan saudara Munandar ini ke depannya dapat memberikan manfaat dan peningkatan kwalitas pelayanan kepada masyarakat Lampung Barat," kata Nukman.

Pihaknya menunggu realisasi SPBE tersebut sebagai bentuk komitmen seluruh pihak serta koordinasi dan sinergi yang baik antar-Organisasi Perangkat Daerah (OPD).