Pj Gubernur Lampung sebut pentingnya pemerataan akses internet untuk pendidikan

id Perluasan akses internet, digitalisasi pendidikan, pendidikan lampung, pj gubernur Lampung, Pemprov lampung

Pj Gubernur Lampung sebut pentingnya pemerataan akses internet untuk pendidikan

Sejumlah siswa belajar secara daring dengan memanfaatkan akses internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta di Balai RW 02, Galur, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2020) ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Terutama dalam bidang pendidikan, karena era digital menuntut perubahan signifikan dalam metode pembelajaran
Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin mengatakan bahwa perlu dilakukan pemerataan akses internet ke berbagai daerah di wilayahnya untuk mendukung perkembangan bidang pendidikan.
 
"Semua termasuk pemerintah daerah harus melakukan lompatan besar, dalam bentuk aksi cepat untuk masyarakat. Terutama dalam bidang pendidikan, karena era digital menuntut perubahan signifikan dalam metode pembelajaran,” ujar Samsudin dalam sebuah keterangannya di Bandarlampung, Jumat.
 
Ia mengatakan pemerataan akses internet ke berbagai daerah ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang pendidikan.
 
"Mempercepat serta pemerataan akses internet untuk mendukung pendidikan ini sangat penting, sebab sejalan dengan instruksi Presiden terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia sekaligus mempercepat transformasi digital dalam pendidikan," katanya.

Ia menjelaskan di Provinsi Lampung masih terjadi kesenjangan dalam memperoleh akses internet terutama di daerah terpencil salah satunya di Pulau Legundi, yang harus segera diselesaikan.
 
"Saya instruksikan pemerintah kabupaten dan kota, serta dinas terkait untuk segera menindaklanjuti permasalahan tersebut seperti dengan segera memasang alat bantu internet. Dan menyediakan akses internet di daerah-daerah yang masih tertinggal,” tambahnya.
 
Menurut dia, pemerataan akses internet ini dapat menciptakan digitalisasi serta menekan kesenjangan antar daerah dalam bidang pendidikan.
 
"Digitalisasi pendidikan ini bukan hanya soal teknologi, tetapi cara menciptakan sekolah yang menyenangkan dan mendukung proses pembelajaran. Akan lebih baik juga bila bisa mengembangkan program percontohan smart education antara sekolah yang ada di kota dengan di daerah terpencil," ucap dia.
 
Ia melanjutkan melalui program tersebut dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan sekolah yang memanfaatkan kecanggihan teknologi sesuai standar, untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta sumber daya manusia di daerah secara merata.
 
"Diharapkan dengan pemerataan akses internet dapat mendukung perkembangan kualitas pendidikan hingga di sekolah-sekolah di daerah terpencil," ujar dia lagi.

Baca juga: Pemprov Lampung dukung inovasi pendidikan untuk tingkatkan kualitas SDM

Baca juga: Disdikbud Lampung sebut penghapusan jurusan di SMA dapat gali potensi siswa

Baca juga: Pelajaran Bahasa Lampung lestarikan bahasa daerah