Pemprov Sumsel minta penerbangan langsung umroh ke Tanah Suci dibuka kembali

id umroh,sumsel,gubernur sumsel,pemprov sumsel,bandara

Pemprov Sumsel minta penerbangan langsung umroh ke Tanah Suci dibuka kembali

Gubernur Sumsel Herman Deru. ANTARA/HO-Pemprov Sumsel.

Kami berharap permohonan ini disetujui oleh Kemenhub, kata Herman Deru
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meminta Kementerian Perhubungan membuka kembali penerbangan langsung untuk jamaah umroh menuju Tanah Suci dari Palembang, Sumatera Selatan melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Sabtu, mengatakan dirinya sudah menyurati Menteri Perhubungan melalui surat bernomor 553/2242/DISHUB/2022 tanggal 12 Juli 2022.

Dalam surat tersebut pemprov berharap penerbangan langsung Palembang-Madinah dan Jeddah-Palembang kembali dibuka dalam waktu dekat untuk mempermudah warga Sumsel dalam beribadah umroh.

Surat permohonan kepada Menhub itu sekaligus menindaklanjuti surat dari Executive General Manager Sultan Mahmud Badaruddin II Nomor 15.01/03/06/2022A.0250 tanggal 14 Juni 2022.

Dalam surat tersebut dijelaskan pihak pengelola bandara meminta dukungan dari pemprov mengenai adanya peluang dibukanya kembali penerbangan langsung Palembang-Madinah dan Jeddah-Palembang.

Beberapa hal yang melatari yakni data dari Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang menyatakan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Provinsi Sumatera Selatan berjumlah 72 PPIU, yang memiliki izin hingga 2027.

Kemudian adanya pandemi COVID-19 diketahui sejak 2019, penerbangan langsung tersebut sudah ditiadakan.

Saat ini muncul wacana penerbangan langsung Palembang-Madinah dan Jeddah-Palembang itu akan dijalankan lagi pada Agustus 2022. Adapun operator penerbangannya yaitu Lion Air reguler berkapasitas 437 orang (2 kali seminggu) dan Batik Air berkapasitas 18 orang kelas bisnis dan 374 orang kelas ekonomi (1 kali seminggu)

Berdasarkan data dari PPIU di Sumatera Selatan sejak 8 Januari-Mei 2022 terdapat 1.665 jemaah umroh asal Sumatera Selatan yang berangkat melalui Bandara Udara Soekarno Hatta.

“Kami berharap permohonan ini disetujui oleh Kemenhub,” kata Herman Deru.