Dompet Dhuafa bangun sumber air bersih baru di Lumajang

id Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa bangun sumber air bersih baru di Lumajang

Dompet Dhuafa bangun sumber air bersih baru di Lumajang

Dompet Dhuafa bangun sumber air bersih baru di Lumajang. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Selama 20 tahun selalu berpindah-pindah mengambil air bersih. Terhitung enam kali berpindah-pindah, katanya
Jawa Timur (ANTARA) - DD Tekno dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menciptakan sumber air bersih baru di Masjid Al-Mubarokah di Pedukuhan Kajang Kosong, Dusun Kebon Deli Selatan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. 

Adapun kerja sama pembuatan sumur bor baru merupakan hasil kolaborasi perhimpunan masyarakat melalui kerja sama LinkAja dengan aplikasi masjeed.id. 

Pedukuhan Kajang Kosong merupakan salah satu tempat yang terisolir saat terjadinya awan panas guguran (APG) Semeru turun pada 4 Desember 2021. 

Banjir lahar dingin melewati sungai yang menjadi salah satu jalur penghubung menuju Kajang Kosong.

“Kita berterima kasih atas bantuan mitra DDTekno. Berkat kerja sama ini, pada hari ini, Jumat, 28 Januari, DMC Dompet Dhuafa bisa membuat sumur bor di Kajang Kosong dan mampu menjadi salah satu sumber air bersih bagi warga di sana," jelas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa.

Saat ini pembuatan sumur bor sudah mencapai 80 persen, yakni sedang pemasangan mesin dan rangka tandon penampungan air.

Ustad Harun selaku salah satu warga lokal menyampaikan banyak terima kasih kepada DDTekno dan DMC Dompet Dhuafa. 

Pasalnya, berdasarkan ceritanya selama 20 tahun, sumber air bersih warga setempat selalu berpindah-pindah. 

Setiap hujan deras dan meningkatnya volume air, pipa-pipa penghubung air selalu hanyut terbawa deras arus air. 

“Selama 20 tahun selalu berpindah-pindah mengambil air bersih. Terhitung enam kali berpindah-pindah. Itu juga mengambil airnya di seberang, melewati sungai yang tiap harinya dilewati oleh banjir,” jelasnya.

“Terima kasih atas bantuan para donatur DDTekno dan DMC Dompet Dhuafa atas kesediannya membantu masyarakat terdampak awan panas guguran Semeru,” tutupnya.


TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.