Perkindo Diminta Dukung Pembangunan Lampung

id hamartoni dan musda perkindo, hamartoni ahadis, asbid adm umum, pemprov lampung

Perkindo Diminta Dukung Pembangunan Lampung

Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis memukul gong saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) III Persatuan Konsultan Indonesia (Perkindo) Provinsi Lampung Tahun 2017, di Ballroom Hotel Emersia, Kamis (6/4). (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Persatuan Konsultan Indonesia (Perkindo) Provinsi Lampung diminta mendukung Pemerintah Provinsi Lampung guna mempercepat pembangunan di daerah setempat.

"Perkindo merupakan wadah berkumpulnya konsultan yang mempunyai posisi sangat strategis untuk membina para anggotanya menjadi profesional, termasuk peran serta dalam pembangunan daerah Lampung, oleh karena itu, fungsi pembinaan bagi para anggota benar-benar harus dilaksanakan pada forum ini," ujar Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung Hamartoni Ahadis pada Musda III Perkindo Lampung di Bandarlampung, Kamis (6/4).

Ia menilai selama ini Perkindo telah kontribusi terhadap pembangunan sebagai konsultan yang profesional guna menata pembangunan di Provinsi Lampung.

Porgram pembangunan di Provinsi Lampung, lanjutnya, membutuhkan konsultan yang profesional seperti revitalisasi Bandara Raden Inten II yang akan menjadi bandara internasional sekaligus menjadi embarkasi haji serta mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Selanjutnya, pembangunan Jalan Tol ruas Bakauheni--Terbanggi Besar dengan progres pengadaan tanah sudah mencapai 70 persen dan akan segera dilanjutkan untuk ruas Terbanggi Besar--Pematang Panggang, pembangunan Institut Teknologi Sumatera dan lain-lain.

Selain itu, pembangunan infrastruktur jalan Provinsi Lampung pada tahun anggaran 2017 ditargetkan mencapai target jalan mantap 75 persen.

"Kita harus bersinergitas mewujudkan hal tersebut, tidak hanya pemerintah saja tetapi seluruh pemangku kepentingan termasuk juga Perkindo dan Lembaga Pengembang Jasa Konstruksi (LPJK)," ujarnya.

Ketua DPP Perkindo Nunus Nugroho mengatakan Perkindo Provinsi Lampung diminta untuk berperan terhadap pembangunan di Provinsi Lampung.

"Banyak investor dan peluang alam Indonesia yang sangat luar biasa, kita harus meningkatkan sinergitas dengan pemerintah untuk pembangunan di Provinsi Lampung," katanya.

Ketua DPD Perkindo Provinsi Lampung periode 2012-2017 Ahmad Hasyim menjelaskan bahwa keberadaan Perkindo di Lampung merupakan organisasi yang mewadahi perusahaan konsultan di bidang konstruksi.

Ia menambahkan, musda bertujuan melahirkan kembali konsultan-konsultan yang profesional , serta menyatukan pemikiran dari seluruh anggota Perkindo Provinsi Lampung untuk lebih fokus dalam menentukan arah organisasi ke depan.

Ahmad menjelaskan, peran Perkindo banyak berkaitan dengan kegiatan konstruksi sebagaimana diatur UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Ketua LPJK Provinsi Lampung Tubagus Ahmad Rif`at mengatakan pihaknya turut mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut sebagai tempat memotivasi dalam peningkatan daya saing terhadap pembangunan mengingat pertumbuhan Perkindo tidak terlepas dari peran aktif seluruh anggotanya.

"Dari pihak LPJK sendiri mendukung terlebih lagi terhadap program Gubernur untuk menjadikan Lampung yang kompeten dan berdaya saing. Semoga Lampung bisa menjadi contoh provinsi lain terhadap pembangunannya," ujarnya. (Ant)