Pemprov Lampung Targetkan Evaluasi Kinerja Predikat B

id hamartoni ahadis, pemprov lampung, asbid adm umum

Pemprov Lampung Targetkan Evaluasi Kinerja Predikat B

Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung Hamartoni Ahadis (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Provinsi Lampung 2015 memperoleh predikat CC dan menempatkan Lampung berada diperingkat ke-27 dari 34 provinsi se-Indonesia, kata Hamartoni...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja jajarannya memperoleh predikat B pada tahun ini.

"Hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Provinsi Lampung 2015 memperoleh predikat CC dan menempatkan Lampung berada diperingkat ke-27 dari 34 provinsi se-Indonesia," kata Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung Hamartoni Ahadis, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan bahwa target peningkatan predikat ini merupakan komitmen Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo beserta jajarannya sehingga perlu digelar rapat untuk menyatukan persepsi dalam rangka menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan tim evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta menunjuk penanggung5jawab bagi satuan kerja perangkat daerah.

"Setiap SKPD yang telah ditunjuk memiliki tugas masing-masing yang harus dipersiapkan dalam menghadapi evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi Lampung, untuk itu seluruh jajarannya harus memiliki komitmen dan kerja sama agar hasil evaluasi ini dapat mencapai hasil maksimal," ujarnya.

Hamartoni menegaskan bahwa rencananya evaluasi ini akan berlangsung pada Juli hingga November 2016 mendatang dimana jajaran tim evaluator dari Kemenpan RB akan turun langsung ke-SKPD yang berkaitan dengan pelayanan publik seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pendapatan Provinsi Lampung.

"Selain SKPD di Provinsi Lampung perlu juga koordinasi dan sinergitas dengan SKPD di kabupaten dan kota yang akan dilakukan penilaian, hal ini terkait kesuksesan hasil evaluasi juga bergantung pada hasil penilaian di kabupaten/kota tersebut," tegasnya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Taufik Hidayat menjelaskan bahwa hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemprov Lampung 2015 dapat dijadikan acuan untuk menyiapkan bahan-bahan pada rencana evaluasi pada tahun ini.

Taufik mengaku telah menyiapkan jajarannya untuk membantu seluruh kebutuhan yang diperlukan oleh SKPD terkait untuk menghadapi evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi Lampung di Tahun 2016 ini.

"Kami akan terus berkoordinasi dan bersinergi dengan SKPD terkait dalam menyiapkan bahan-bahan untuk penilaian sehingga apa yang ditargetkan dapat tercapai," tambahnya. (Ant)