Distan Mukomuko Bengkulu bangun lahan pertanian modern

id Distan Mukomuko,Bangun,Lahan ,Pertanian,Modern

Distan Mukomuko Bengkulu bangun lahan pertanian modern

Lahan tanaman cabai merah di Kelurahan Bandar Ratu, Kabupaten Mukomuko yang tergenang air, Sabtu (27/1/2024) ANTARA/Ferri.

Bangunan green house itu untuk lima kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Lubuk Pinang, XIV Koto, Sungai Rumbai, dan Air Rami, ujarnya
Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2024 akan membangun green house atau lahan untuk pertanian modern di lima lokasi daerah ini.
 
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Novi Hidayanti di Mukomuko, Sabtu, mengatakan pemerintah daerah membangun green house untuk sayuran dan buah melon.
 
"Bangunan green house itu untuk lima kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Lubuk Pinang, XIV Koto, Sungai Rumbai, dan Air Rami," ujarnya.
 
Ia mengatakan, anggaran untuk pembangunan green house di lima wilayah daerah ini sebesar Rp2,5 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tematik tahun 2024.
 
Lahan untuk pertanian modern di sejumlah wilayah daerah ini sudah dilengkapi teknologi modern dan teknologi di lokasi lahan ini otomatis termasuk pengairannya jadi otomatis.

Semua peralatannya itu bisa dikendalikan dari aplikasi android, walaupun petaninya sedang ada di mana, dia bisa mengatur pengairan di lahan tersebut karena otomatis.

"Misalnya PH berkurang otomatis nanti dosing nutrien ada alat nutrisi dia ngasih sendiri, sekarang sistem pertanian modern tersebut belum ada di Mukomuko," ujarnya pula.

Terkait dengan cara kerja pertanian modern ini, ia mengatakan, pada saat pengerjaan biasanya di daerah luar itu nanti penyedia memberikan semacam bimbingan teknis, begitu juga cara penggunaan.

Setelah barang dan peralatan di dalam green house diantar oleh penyedia, lalu dia akan memberikan pelatihan kepada kelompok tani.

Sementara itu,  lima lokasi yang akan dibangun green house tersebut, di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang dibangun green house sayuran dan melon, di Kecamatan XIV Koto green house sayuran, Sungai Rumbai green house melon, dan Air Rami green house melon.