Pemudik libur Natal serbu pusat oleh-oleh di BHC

id Lampung Selatan ,Bakauheni ,Bhc

Pemudik libur Natal serbu pusat oleh-oleh di BHC

Suasana saat sejumlah pengunjung sedang menikmati lokasi pusat oleh-oleh khas Lampung yang berada di kawasan Bakauheni Harbour City. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Iya Alhamdulillah kami bersama warga sekitar mengisi tempat ini dengan berjualan aneka makanan dan oleh-oleh dari desa kami, kata Watini

Lampung Selatan (ANTARA) - Pusat oleh-oleh khas Lampung di kawasan Bakauheni Harbour City (BHC), Kabupaten Lampung Selatan, dipadati pemudik saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Seperti terlihat di lokasi pada Kamis sore sekitar pukul 17.00 WIB, para pengunjung memadati pusat oleh-oleh khas Lampung itu sembari beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Pemudik arus balik dan wisatawan juga terlihat sangat menikmati pemandangan Menara Siger dan Pelabuhan Bakauheni dari atas masjid dan pusat oleh-oleh.

Salah satu pemudik dari Tanggamus, Jupri, mengatakan, dirinya bersama keluarga sengaja beristirahat di Masjid BSI dan membeli oleh-oleh sebelum melanjutkan perjalanan.

"Jadi memang dapat informasi dari media sosial kalau di kawasan BHC ini sudah ada pusat oleh-oleh dan makanan cepat saji, jadi mampir sekalian melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan," katanya. 

Ia mengatakan, keindahan pemandangan dari Masjid BSI dan pusat oleh-oleh ini mencuri perhatian, dari atas bisa melihat Menara Siger dan aktivitas Pelabuhan Bakauheni.

Watini Sukirno, Kepala Desa Bakauheni, mengatakan pihaknya ikut berpartisipasi dalam mengisi pusat oleh-oleh ini dengan berbagai jualan makanan cepat saji dan oleh-oleh khas daerahnya.

"Iya Alhamdulillah kami bersama warga sekitar mengisi tempat ini dengan berjualan aneka makanan dan oleh-oleh dari desa kami," kata Watini.

Ia mengatakan desa mereka memiliki olahan oleh-oleh khas Lampung yang dijual dan dipasarkan untuk para pemudik dan wisatawan.

"Kami memiliki olahan khas desa kami yakni keripik injik-injik, itu adalah olahan keripik pisang," katanya.

Salah satu petugas loket, Septiani, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan dan pemudik pada saat libur Natal dan Tahun Baru mengalami lonjakan yang signifikan.

"Dari mulai tanggal 23 kemarin itu sudah ada lonjakan pengunjung," katanya.

Dengan adanya ajang kuliner dan libur panjang ini pihaknya mencatat omset dari parkir kendaraan mencapai Rp8 juta dalam satu hari.