Pemkab Lampung Barat bangun PLUT dan gedung promosi untuk UMKM

id UMKM Lambar ,Pemkab bangun gedung plut ,Lampung Barat

Pemkab Lampung Barat bangun PLUT dan gedung promosi untuk UMKM

Suasana saat PJ bupati Lampung Barat sedang meninjau lokasi pembangunan (ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat)

Jadi di sini nanti akan kita sediakan tempat pelatihan kepada masyarakat agar usahanya lebih berkembang, kata dia.
Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, sedang membangun gedung pusat promosi dan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang diperuntukkan kepada sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di wilayah itu.

Dalam keterangannya Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Nukman, mengatakan pihaknya bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Pelayanan Perdagangan (Koprindag) melakukan pembangunan gedung pusat pelayanan promosi dan PLUT di Kecamatan Balik Bukit.

"Jadi untuk pembangunan gedung pusat pelayanan promosi itu berlokasi di lingkungan Islamic Center, Kawasan Sekuting Terpadu Pekon (Desa) Watas, dan gedung PLUT berlokasi di samping gedung Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)," kata Nukman, dalam keterangannya yang diterima di Pesisir Barat, Senin.

Ia menjelaskan, dengan adanya gedung tersebut dapat menopang UMKM yang berada di Lampung Barat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Jadi di sini nanti akan kita sediakan tempat pelatihan kepada masyarakat agar usahanya lebih berkembang," kata dia.

Ia mengatakan, dengan dibangunnya gedung pusat promosi dan PLUT tersebut, diharapkan para UMKM yang berada di Lampung Barat dapat diakomodir. 

"Jadi pusat pelayanannya kita buatkan gedung, sejauh ini proses pembangunannya sudah hampir mencapai 50 persen.  Sedangkan gedung promosi sudah memasuki 10 persen," katanya.

Namun, kata dia, pihaknya menargetkan peresmian dari gedung tersebut pada Oktober mendatang.

"Tapi kalau bisa peresmiannya nanti pas hari ulang tahun Kabupaten Lampung Barat, di bulan Oktober sudah bisa kita resmikan," ujarnya. 

Kendati demikian, ia berharap peresmian dilakukan bertepatan hari ulang tahun Kabupaten Lampung Barat, namun dirinya menegaskan hal tersebut jangan sampai mempengaruhi kualitas dari pembangunan. 

"Terkait rencana peresmiannya nanti kita bicarakan kembali yang jelas pembangunannya dan kualitasnya harus bagus," harapnya.