Pimpin apel sensus pertanian, Wahdi ingin petugas hasilkan data akurat

id Sensuspertanian,metro, bps

Pimpin apel sensus pertanian, Wahdi ingin petugas hasilkan data akurat

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin saat memimpin apel siaga sensus pertanian di kantor BPS Metro, Rabu (31/5). (ANTARA/Istimewa)

Metro (ANTARA) - Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin menjadi pembina dalam apel siaga Petugas Sensus Pertanian 2023 (ST2023) BPS Kota Metro, di halaman kantor BPS setempat, Rabu (31/5).

Sensus pertanian 2023 ini bertujuan untuk mendapatkan variabel yang diperlukan demi kelengkapan data pertanian yang berkembang sangat dinamis serta menjawab kebutuhan data, baik di level nasional maupun internasional.

Wahdi mengatakan, sektor pertanian di Kota Metro memiliki potensi yang sangat besar dengan luas baku lahan sektor tanaman pangan yaitu sebesar 2.947,9 hektare.

Kemudian, total luas lahan panen Kota Metro yaitu 5.323,92 hektare pada tahun 2022 dan total produksi padi sebesar 28.880 ton.

"Begitu juga untuk sektor perkebunan, Kota Metro memiliki potensi pada tanaman kelapa dan kakao dengan produksi masing-masing komoditas sebanyak 47 ton dan 23 ton pada tahun 2022,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Wahdi, Kota Metro juga memiliki potensi pada sektor peternakan terutama pada sapi perah, dengan jumlah tertinggi ke dua di Provinsi Lampung dan jumlah ternak sapi potong sebanyak 10.986 ekor pada tahun 2022 dengan total produksi daging sebesar 813.420 kg.

Untuk itu, Wahdi berpesan agar para petugas sensus bekerja dengan teliti dalam mendata sektor pertanian di Bumi Sai Wawai. Sebab, data pertanian ini nantinya diperlukan untuk pembangunan kesejahteraan untuk para petani.

"Bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan teliti dalam dalam setiap menanyakan pertanyaan yang harus ditanyakan kepada masyarakat. Sehingga data yang diberikan adalah data yang terpercaya yang akan memberikan kontribusi untuk pembangunan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani di Kota Metro," tandasnya.