Ada 155 produk perikanan unggulan di Lampung

id IKM perikanan Lampung, produk perikanan Lampung, hilirisasi produk perikanan, perikanan Lampung, Pemprov Lampung,Ikan Lampung

Ada 155 produk perikanan unggulan di Lampung

Ilustrasi- Produk olahan rajungan salah satu IKM perikanan asal Lampung Timur. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Lampung terus mendorong pertumbuhan sebanyak 155 produk perikanan di daerah itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Liza Derni  mengatakan penguatan sektor perikanan dari hilir sampai hulu juga diperlukan untuk menambah nilai jual hasil perikanan.

"Di Lampung ini tercatat ada 155 produk IKM perikanan unggulan yang tersebar di 15 kabupaten dan kota yang terus didorong tumbuh," katanya.

"Ada juga yang sudah mampu masuk pasar ekspor seperti produk kulit ikan patin yang awalnya dikira tidak berguna ternyata dapat dikembangkan menjadi produk yang digemari," lanjut Liza.

Diketahui 155 produk perikanan unggulan tersebut meliputi 15 jenis produk IKM perikanan berbasis bahan baku ikan lele, patin, kiter, ikan ekor kuning, ikan baji-baji, ikan blue marlin, teri dan cumi di Kota Bandarlampung.

Lalu ada 11 jenis produk IKM berbahan baku ikan lele, seluang, kakap, tenggiri, nila, bandeng, ikan ekor kuning dan kiter di Kabupaten Lampung Utara. Di Pesawaran ada 4 jenis produk IKM perikanan yang berbahan baku ikan lumadang, tongkol, cumi dan udang.

Untuk Kabupaten Pesisir Barat ada 9 jenis produk IKM perikanan yang mengolah ikan blue marlin, tongkol, cakalang, dan tuna. Dari Kabupaten Pringsewu ada 10 jenis produk IKM perikanan olahan ikan lele dan patin.

Selanjutnya di di Kabupaten Tulang Bawang ada 39 jenis produk IKM perikanan, 11 produk unggulan IKM perikanan berada di Kabupaten Waykanan, di Kabupaten Lampung Barat ada 7 produk IKM perikanan.

Untuk Kabupaten Lampung Selatan ada 6 jenis produk IKM perikanan, Lampung Timur sebanyak 11 jenis produk IKM, Mesuji ada 27 jenis produk IKM dan 2 produk IKM perikanan asal Kota Metro.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2023