2.326 pemudik menyeberang melalui Pelabuhan Panjang Lampung

id Bandarlampunh,Lampung,Arus balik,Lampung selatan

2.326 pemudik menyeberang melalui Pelabuhan Panjang Lampung

Pemudik menggunakan kendaraan roda dua memanfaatkan kapal penyeberangan yang disediakan di Pelabuhan Panjang, Bandarlampung, sebagai pelabuhan alternatif guba memecah kepadatan di kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatanpada arus balik Lebaran di Bandarlampung, Sabtu (7/5/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

KM Ciremai milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), sudah melakukan trip Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan, Cilegon sebanyak tiga kali hingga Jumat (6/5)
Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 2.326 pemudik telah menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Panjang yang dijadikan pelabuhan alternatif pada arus balik Lebaran 2022.

Berdasarkan data arus balik Lebaran Pelabuhan Panjang, Sabtu, 2.326 pemudik yang telah menyeberang ke Pulau Jawa tersebut diangkut oleh tiga kapal, yakni KM Ciremai, KM Titian Nusantara, dan KM Kumala.

"KM Ciremai milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), sudah melakukan trip Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan, Cilegon sebanyak tiga kali hingga Jumat (6/5), sejak diperbantukan pada arus balik," kata Kepala Bagian Armada Pelni Tanjung Priok Somrin Simbolon.

Dia menyebutkan dari tiga trip yang telah dilakukan, KM Ciremai telah menyeberangkan sebanyak 1.096 penumpang, dengan rincian di hari pertama, Rabu (4/5), kapal ini mengangkut 65 orang, kendaraan roda dua 32 unit, dan kendaraan roda empat lima unit.

Pada Kamis (5/5), KM Ciremai menyeberangkan 323 orang, dengan mengangkut kendaraan roda empat 29 unit dan kendaraan roda dua 52 unit

"Sedangkan pada Jumat (6/5) KM Ciremai mengangkut 708 orang, kendaraan roda empat 45 unit dan kendaraan roda dua 192 unit," kata dia.

Data dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang mencatat KM Titian Nusantara pada Kamis (5/5) telah menyeberangkan penumpang sebanyak 244 orang, dengan kendaraan roda empat 31 unit, kendaraan roda dua 58 unit, dan truk dua unit.

Pada Jumat (6/5), KM Kumala yang melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Ciwandan dari Pelabuhan Panjang mengangkut penumpang 986 orang, dengan kendaraan roda empat yang masuk 112 unit, dan kendaraan roda 125 unit.

Di Pelabuhan Panjang yang dijadikan sebagai pelabuhan alternatif pada arus balik Lebaran, pemerintah menyiapkan delapan kapal roro, salah satunya milik PT Pelni, KM Ciremai dengan tujuan Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan, Cilegon.