BNI dorong UMKM diaspora di Amerika Serikat bertumbuh

id BNI,bni new york,diaspora amerika serikat,ekspor ke amerika serikat,pembiayaan umkm,fasilitas pembiayaan bni

BNI dorong UMKM diaspora di Amerika Serikat  bertumbuh

Ilustrasi: Pegawai BNI melayani nasabah dalam transaksi digital di Kantor Cabang BNI New York, AS. (ANTARA/BNI)

Jakarta (ANTARA) - General Manager PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk New York Aidil Azhar mengatakan perseroan selalu siap mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) milik diaspora Indonesia di Amerika Serikat untuk tumbuh.

Aidil mengatakan selain pembiayaan, BNI New York juga memiliki produk perdagangan keuangan (trade finance) yang mampu membantu kelancaran ekspor-impor produk Indonesia dan Amerika Serikat.

“Di luar itu, kami juga membantu membuka rekening rupiah di Indonesia tanpa perlu harus datang ke Indonesia untuk memfasilitasi pelaku usaha di Amerika yang memiliki hubungan bisnis secara erat di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Perwakilan Golden Nest Corporation Amerika Serikat Jemmy Pranyoto yang merupakan salah satu nasabah BNI mengatakan fleksibilitas BNI dalam mendukung UMKM di luar negeri untuk tumbuh tak tertandingi.

“BNI secara keseluruhan memberikan perhatian, pendidikan, pengarahan. Secara keseluruhan mereka kompak membantu kami para UMKM untuk bisa berkembang ke arah yang lebih tinggi,” kata Jemmy.

Jemmy bercerita saat pertama kali bekerja sama dengan BNI, perusahaannya masih 100 persen importir dan distributor, yang kemudian mulai ekspansi bergerak ke pabrik makanan.

Dia mengatakan BNI memberikan paket full guna mendukung UMKM di luar negeri naik kelas, yang mana BNI tidak hanya menyalurkan pembiayaan, tapi juga memberikan masukan, saran, hingga bimbingan, sehingga UMKM di luar negeri, dalam hal ini Amerika Serikat, dapat terus berkembang.

Meski hanya berfokus dalam menyalurkan modal kerja, Jemmy bercerita BNI sangat serius dalam melayani dan mendorong nasabah, khususnya UMKM, untuk menjadi lebih baik.

“Saya melihat BNI benar-benar sangat memperhatikan mereka. Selama 10 tahun saya dengan BNI, hampir setiap pergantian general manager saya mendapat kunjungan kerja ke pabrik saya, dan kemudian kita melakukan diskusi. Hal seperti itu, yang walaupun secara tertulis hanya modal kerja, tetapi sebenarnya BNI memberikan perhatian, pendidikan dan pengarahan,” kata Jemmy.


Baca juga: BNI tawarkan solusi dan literasi keuangan dorong UMKM Go Global


Baca juga: Pemilik warung Indonesia di Korsel apresiasi dukungan BNI